Happy People apa ada yang lagi bingung? Sedang cari cara efisiensi biaya produksi, agar bisnis yang sedang dijalankan tidak rugi. Oh ya gimana nih kabarnya Happy People? Masih rajin kerja kan? Ada yang tiap hari berkutat dengan perusahaan atau mengurus bisnis UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah)? 

Memiliki bisnis sendiri memang sangat menantang. Soalnya kan harus memastikan bahwa usahanya tidak merugi, kalau bisa sih selalu untung tiap bulan. Selain itu, agar kondisi keuangan bisnis selalu sehat, caranya dengan mendorong marketing agar makin banyak pelanggan baru. Kemudian, juga harus ada efisiensi dalam pengeluaran biaya produksi.

Mengapa biaya produksi harus benar-benar diefisiensi? Penyebabnya karena jangan sampai ada kebocoran sekecil apapun saat memproduksi barang. Jika biaya produksi terlalu besar maka berdampak pada harga barang. Mau dijual seberapa? Sementara daya beli pelanggan juga belum terlalu menguat akhir-akhir ini.

Akan tetapi Happy People jangan pesimis dulu. Yang penting biaya produksi wajib ditekan. Berikut ini beberapa caranya untuk efisiensi biaya produksi bisa disimak di bawah ini:

1. Mencari Supplier Paling Murah

Cara efisiensi biaya produksi yang pertama adalah dengan mencari supplier yang paling murah. Jika Happy People memproduksi kue-kue, maka belanja bahan mentahnya di mana? Pastikan memilih supplier tepung terigu, telur ayam, dan bahan mentah lainnya. Toko dijamin yang paling lengkap dan harganya paling murah. Bisa dibandingkan juga antara toko satu dengan lainnya, lalu langganan belanja di toko yang cocok dan harganya masih affordable.

2. Meminimalisir Kesalahan

Saat produksi maka jangan sampai ada kesalahan dan Happy People wajib meminimalisirnya sekecil mungkin. Misalnya kalau lagi baking, wajib dijaga suhu ruang produksi. Kemudian dilihat juga masa expired untuk bahan-bahan yang akan digunakan seperti terigu, baking soda, dan bahan-bahan lain. Dengan cara ini maka tidak aka nada kesalahan produksi dan semua kue terbentuk sempurna, lalu siap dijual. Meminimalisir kesalahan merupakan cara efisiensi biaya produksi.

3. Evaluasi

Bagaimana jika masih ada kesalahan produksi atau faktor lain yang menyebabkan naiknya biaya produksi? Happy People yang sabar ya, jangan marah-marah dulu. Tarik nafas lalu lakukan evaluasi agar tidak ada lagi kenaikan biaya produksi.

Misalnya ketika ada kegagalan produksi sehingga kue terpaksa tidak jadi dijual. Ternyata kesalahan ada pada alat pemanggang yang panasnya kurang merata. Bisa diperbaiki atau diganti yang baru dengan mengganti pemanggang yang lebih baik dan direkomendasikan agar hasil produksi kue lebih baik. 

Contoh lain adalah saat harga telur dan bahan mentah lain naik, karena menjelang hari raya. Mau tak mau ukuran kue agak dikurangi atau Happy People bisa menaikkan sedikit harganya. Cara efisiensi biaya produksi bisa dengan melakukan evaluasi maka bisa meminimalisir biaya produksi yang membengkak.

cara efisiensi biaya produksi
Foto: freepik.com

4. Melakukan Perawatan Alat Produksi

Perawatan alat produksi sangat penting agar tidak ada kesalahan sehingga berujung pada kerugian. Happy People tak hanya harus membersihkan alat produksi setiap habis digunakan. Namun memastikan kondisi alat-alat tetap prima sehingga menghasilkan produk yang layak jual. Cara efisiensi biaya produksi bisa dengan merawat alat produksi.

Oleh karena itu wajib ada pemeriksaan alat setidaknya seminggu sekali. Happy People juga wajib menyisihkan sedikit dari keuntungan untuk biaya perawatan dan pembelian alat baru. Jadi, ketika ada yang rusak, bisa langsung diganti dan tidak pusing uangnya dari mana?

Baca juga: Strategi Efektif Mengelola Prospek Klien bagi Bisnis B2B

5. Menggunakan Pembukuan Digital

Jika Happy People menggunakan alat baru untuk produksi, sudahkah menggunakan teknologi dalam cara efisiensi biaya produksi? Ternyata teknologi juga bisa menekan biaya sehingga bisa untung terus. Caranya dengan menggunakan pembukuan digital sehingga tidak ada kesalahan dalam penghitungan biaya produksi.

Aplikasi Pembukuan Digital merupakan produk dari Telkomsel Enterprise. Jadi, Happy People benar-benar terbantu dalam pencatatan keuangan bisnis. Enak banget kalau pakai aplikasi jadi hitungannya benar dan tidak usah lagi mencatat cash flow secara manual (di buku).

Kemudian, di aplikasi Pembukuan Digital, Happy People juga bisa bikin invoice dengan mudah dan cepat. Juga ada fitur pencatatan hutang-piutang sehingga memastikan bahwa kondisi keuangan usaha sedang dalam keadaan sehat. Bisnis pun makin lancar berkat bantuan teknologi.

Cara efisiensi biaya produksi dapat terbantukan dengan menggunakan aplikasi Pembukuan Digital. Yuk pakai aplikasi Pembukuan Digital agar untung terus.