Berkhayal akan explore Banyuwangi 4 hari 3 malam akhirnya terwujud juga. Sebetulnya keinginan ini sudah lama ada ingin pergi berdua bersama dengan mahasiswi saya. Tetapi mendadak juga karena tidak sampai sebulan kami merencanakan explore Banyuwangi 4 hari 3 malam.

Baca juga: Banyuwangi 4 Hari 3 Malam, Bikin Itenerary-nya Yukk

Explore Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Hari 1

Explore Banyuwangi 4 hari 3 malam dimulai! Sesuai rencana, hari Jumat tanggal 26 Januari 2024 kami naik kereta api Jayabaya jam 12.30 WIB menuju Satasiun Bangil. Kami tidak menggunakan kereta api yang langsung ke Banyuwangi, karena jadwal tiba kereta api Tawang Alun dari Malang untuk tiba di Banyuwangi itu tengah malam, Sedangkan jam 00.00 kami mulai dijemput open trip Kawah Ijen.

Sehingga dari Bangil kami transit dan lanjut kereta api Sri Tanjung menuju Stasiun Banyuwangi Kota dan tiba sekitar jam 8 malam.

Setibanya di Stasiun kami langsung makan malam di warung depan stasiun. Anak saya nggak selera makan karena makan di warung, haha. Payah deh. Jadi pesan nasi goreng dibungkus dan dimakan di hostel, sedangkan saya makan nasi campur dengan lauk ati rempelo, udang, dan kering tempe yang semuanya dibumbu merah balado. Biaya makan malam di warung menghabiskan Rp 29,000.

Usai makan malam kami langsung ke ROOM Ijen Hostel yang berada di Jl. Simpang Devila II, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417. Jaraknya cukup dekat dari Stasiun Banyuwangi Kota dengan membayar Rp 17,000 saja dengan GoCar.

Masuk penginapan kami langsung bebersih dan istirahat sebentar menunggu jemputan open trip Kawah Ijen.

Hari 2

Explore Banyuwangi 4 hari 3 malam kami mulai dengan mengunjungi Kawah Ijen di tanggal 27 Januari 2024 hari Sabtu dini hari. Perjalanan ini dimulai dari penjemputan di penginapan menuju Paltuding yang ada di Kabupaten Bondowoso. Kemudian ada briefing dan mulai mendaki jam 2 malam.

Karena musim hujan, banyak asap belerang sehingga pagi itu kami tidak beruntung melihat kawah Ijen yang airnya hijau. Saya juga tidak turun ke Blue Fire karena menjaga keselamatan lutut saya.

Jam 9 lewat kami sudah sampai penginapan. Cepet banget yak, haha. Harusnya ya nungguin asap lewat dulu supaya bisa lihat kawah, tetapi apa daya, karena sudah diburu-buru untuk segera turun. Itu pun kami turun dengan menyewa taksi gerobak 😁

Setibanya di ROOM Ijen Hostel kami segera bebersih dan tidur untuk mengembalikan stamina kami yang sudah lelah menanjak selama 2 jam.

Baca juga: Bermalam di Room Ijen Hostel Banyuwangi

Jam 12 siang kami terbangun dan segera bersiap untuk makan siang kemudian ke De Djawatan. Siang itu mulai mendung tetapi memang kami bepergian di musim hujan ya nggak boleh komplen hehe. Karena jadwal kami berdua yang sering bentrok dan saat ini memang waktunya yang bisa dipakai untuk explore Banyuwangi 4 hari 3 malam.

Kami pergi ke Stasiun Banyuwangi lagi dengan GoCar untuk menyewa motor di depan stasiun. Kenapa gak sekalian sewa pas abis dari turun kereta api dari hari Jumat kemarin? Ya kan motornya gak kepake juga di penginapan malah mubazir hihi.

Setelah mendapat motor kami langsung cuzz ke warung Sego Tempong Mbok Wah. Di sana warung dengan menu nasi campur khas Banyuwangi. Lauknya tinggal milih yang pasti ada sambal dengan tomat ranti yang itu bikin berbeda dengan sambal yang lain. Kalau saya bilang sih ini lauknya rasanya gurih asin semua.

Usai makan siang kami mulai lagi explore Banyuwangi 4 hari 3 malam dengan langsung cuzz ke De Djawatan Benculuk dengan cuaca mulai mendung dan gerimis. Sempat kami berhenti sebentar dalam perjalanan kami untuk isi bensin Rp 35,000 dan memakai jas hujan. Tetapi saat hujan mulai deras kami berhenti lagi untuk berteduh. Nggak papa deh sekali-kali kehujanan di Banyuwangi.

Perjalanan menuju De Djawatan akhirnya kami lalui dengan selamat. Di loket kami membayar HTM De Djawatan Rp 17,000. Kami segera parkir dan mulai memasuki area pohon rindang untuk berfoto ria. Tak lama pun hujan gerimis mulai membasahi bumi. Jas hujan memang sudah kami tenteng sehingga selama berjalan-jalan di dalam De Djawatan kami aman terlindungi dari air hujan alias tidak basah kuyup. Baru kali ini piknik maksa banget yak haha.

Tidak lama kami di De Djawatan karena cuaca yang menggelap, kami mencari bakso di sekitar sana. Akhirnya ada Bakso Bang Roni, ini rekomended ya. Makan berdua dengan minum air jeruk semua Rp 78,000.

Perjalanan kembali ke kota sekitar satu jam dan sebelum pulang ke penginapan kami mampir ke Toko Oleh-Oleh dan Souvenir yaitu Osing Deles yang berlokasi di Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Di sana kami berbelanja souvenir dan sncak menghabiskan uang Rp 208,000.

Hari 3

Explore Banyuwangi 4 hari 3 malam untuk hari ke 3 yaitu ke Menjangan Island yang berada di Taman Nasional Bali Barat. Jam 7 pagi kami sudah bersiap perjalanan menuju Grand Watu Dodol dengan mengendarai motor sewa Lexy. Di sana adalah meeting point kami untuk ikut open trip ke Menjangan Island dan Tabuhan. Dua pulau yang tidak berpenghuni tetapi memiliki taman laut yang indah. Yes kami akan snorkeling di sana.

Masuk ke GWD dan membayar tiket masuk Rp 22,000. Kami sudah mengenakan pakaian renang begitu juga dengan 11 peserta yang lainnya. Dalam 1 perahu ada 13 peserta dan 2 orang guide yang juga sebagai fotografer dan nahkoda perahu.

Seru juga perjalanan hari itu, kami mendatangi Pulau Menjangan untuk berfoto ria sekitar 30 menit kemudian lanjut ke spot snorkeling juga untuk mengambil foto dan video di sana. Setelah itu makan siang di perahu dan lanjut snorkeling ke spot lainnya dan berperahu lagi ke Pulau Tabuhan.

Di Pulau Tabuhan lumayan ada warung yang jualan gorengan, kopi, es kelapa muda. Di sana kami membayar Rp 40,000 untuk 4 buah gorengan, 1 kelapa muda dan 1 gelas capucchino. Dan bresss hujan mulai mengguyur tanpa malu-malu. Kami langsung berlari ke perahu, Tetapi selama perjalanan pulang di dalam perahu kami ya basah kuyup juga haha. Sekitar jam 4an kami sudah tiba kembali di GWD.

explore banyuwangi 4 hari 3 malam
dok. foto pribadi

Setelah berbilas dan mendapat foto serta video selama ada di Menjangan Island, kami kembali ke penginapan di kota sekitar satu jam perjalanan dengan motor sewa. Kami makan malam dulu di Sego Tempong Mbok Nah yang ada di Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Saya suka sego tempong Mbok Nah, karena penampilannya sama seperti dengan sego tempong yang di Malang, platingnya lebih rapi dan rasanya tidak terlalu gurih asin. Rekomen ini sih makan di Sego Tempong Mbok Nah.

Kelar makan malam kami langsung cuzzz pulang ke penginapan untuk bersiap-siap karena besok pagi kami pulang kembali ke Malang. Explore Banyuwangi 4 hari 3 malam, yaitu hari ketiga kami akhiri malam itu dengan menjemur-jemur handuk dan pakaian basah huhu.

Hari 4

Pagi itu Senin 29 Januari 2023 jam 3 pagi saya sudah bangun dan mulai berkemas. Karena handuk dan pakaian yang basah kemarin malam masih saya jemur-jemur. Jam 4.30 WIB kami sudah berada di depan stasiun untuk mengembalikan motor sewa dan mengambil KTP saya yang menjadi jaminan.

Stasiun Banyuwangi Kota belum buka tuh jam segetu sehingga kami menunggu dengan duduk di lantai teras keberangkatan. Hari itu explore Banyuwangi 4 hari 3 malam akan kami akhiri.

Pagi itu kami jajan Roti O Rp 26,000 untuk mengganjal perut. Jam 5.45 WIB kereta Tawang Alun yang membawa kami ke Malang datang. Perjalanan sekitar 6 jam kami tempuh dan kami sarapan di kereta api membeli cuangki dan nasi lada hitam itu menghabiskan biaya Rp 65,000.

Setibanya di Malang kami langsung pesan GoCar dan membayar dengan GoPay Rp 34,000. Alhamdulillah kami selamat sampai tiba di rumah. Kucing-kucing pun aman di rumah karena ada teman yang setiap hari datang untuk memberi makan dan membersihkan kotoran.

Penutup

Explore Banyuwangi 4 hari 3 malam sepertinya harus diulangi lagi karena saya terlanjur jatuh cinta dengan keindahan bawah laut. Ketika merencanakan explore Banyuwangi 4 hari 3 malam saya telah menyiapkan budget Rp 3,500,000. Biaya yang kami habiskan sekitar Rp 3,721,000. Ternyata lebih 200 ribu sekian dan tidak jauh-jauhlah perhitungan kami. Karena kami memang tidak memasukkan untuk bajet belanja souvenir di rencana anggaran biaya untuk explore Banyuwangi 4 hari 3 malam.

Semoga bisa ke sana lagi untuk explore Banyuwangi 4 hari 3 malam dengan jadwal yang lebih padat lagi haha. Perjalanan explore Banyuwangi 4 hari 3 malam sudah termasuk Bondowoso (Kawah Ijen) dan Bali Barat (Menjangan Island).

*** (kayaknya ini explore Banyuwangi 2 hari deh, soalnya kepotong perjalanan ke Banyuwangi dan pulang ke Malang huhu)