Banyuwangi 4 hari 3 malam mulai saya rencanakan untuk trip kali ini.Kenapa pilih Banyuwangi?

Alasannya banyak nih. Pertama karena saya memang suka jalan-jalan. Kedua karena saya maunya keliling Indonesia dulu. Ketiga karena saya sering lihat konten Banyuwangi yang indah itu berseliweran di sosial media saya. Yang keempat karena teman saya di Malang beberapa waktu lalu abis dari Kawah Ijen. Yang kelima karena keponakan saya yang kuliah di ITS abis dari Menjangan Island, ditraktir sama temennya yang anaknya Osing Deles. Dan saya kepincut abis liat konten keponakan yang indah banget ya pantainya. Yang keenam karena saya dulu pernah ke Banyuwangi ikut rombongan fotografer dari Malang.

Ini ceritanya:

Eksotisnya Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Untuk alasan yang keempat saya langsung WA teman saya menanyakan gimana-gimananya untuk ke Banyuwangi, open trip Kawah Ijen dan sewa motor. Teman saya yang seorang blogger dan suka jalan-jalan itu mengatakan ia menggunakan Amazing Banyuwangi, yang posisi kantornya berada di seberang Stasiun Banyuwangi. Baiklah kalau begituh. Saya pun mulai halu membayangkan mau kemana saja jika ke Banyuwangi.

Saya sendiri dulu sudah pernah dua kali ke Banyuwangi yaitu ke Pulau Merah dan Taman Nasional Baluran.

Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam Mulai Browsing di Youtube

Kalau malam mau tidur tuh saya lebih sering buka Youtube. Entah kenapa, Youtube lebih menarik dari pada TikTok dan Instagram. Eh tiap orang beda-beda ya hehe.

Saya pun mulai mencari video Banyuwangi 4 hari 3 malam dan yang pertama ketemu adalah Youtubenya Diah Lina. Seorang pendaki gunung cantik dari Yogyakarta yang bersama bestienya berlibur ke Banyuwangi.

Untuk itinerary-nya Diah Lina itu:

Hari 1: Rumah Singgah Pak Rahmat (IGnya @rumahbackpackerbanyuwangi) kemudian sewa motor ke Kawah Ijen)

Hari 2: Pulang dari Kawah Ijen kemudian ke Kawah Wurung dan Kali Pait. Kemudian pulang ke rumah singgah dan pindah penginapan. Lanjut siangnya ke De Djawatan dan Pulau Merah bersunset ria di sana.

Hari 3: Siangnya baru jalan ke Taman Nasional Baluran dan malamnya kulineran ke Sego Tempong Mbak Wah.

Hari 3: pagi sudah pulang kembali ke Yogyakarta.

Saya juga cek n ricek video Banyuwangi 4 hari 3 malam yang lain. Kalau Diah Lina tidak snorkeling ke Bangsring atau pun ke Tabuhan, yang lain ada yang melakukan keduanya.

Tadinya saya mau plek ketiplek niru itinerary-ya Diah Lina. Tetapi oke juga nih kalau saya dan anak saya snorkelingan juga.

Dan ternyata untuk snorkelingan di Banyuwangi ada beberapa pilihan. Yang gampang tuh ke Bangsring bisa motoran ke pantai. Untuk masuk hanya bayar HTM Rp 5,000 kemudian naik perahu ke rumah apung yang letaknya tidak jauh dari pantai dan mulai bisa snorkelingan. Jadi tidak ada open trip ke Bangsring.

Kalau saya perhatikan di Bangsring untuk snorkelingan airnya tidak sejernih yang di Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan. Ya mending sekalian ke Menjangan sih kalau saya bilang. Udah tanggung kan yah, jauh-jauh ke Banyuwangi tapi nggak sekalian dapet yang bagus. Hm..

Baca juga:

11 Tempat Wisata Banyuwangi yang Bikin Kamu ingin Segera Traveling Ke Sana

Pantai Balekambang, Pantai Ramah Anak di Malang

Open Trip Amazing Banyuwangi

Saya juga mempelajari katalog yang ada di WA Business Amazing Banyuwangi. Nomor WA Amazing Banyuwangi saya dapatkan dari teman saya yaitu di nomor 082228000280 dengan IG @amazingbanyuwangi.

Di katalog tersebut tersedia berbagai macam open trip. Mulai dari Open Trip Kawah Ijen yang setiap hari berangkat dengan harga Rp 150,000/orang dan ada juga open trip Menjangan Island yang berangkat tiap week end hanya Rp 275,000/orang. Ada juga open trip ke Baluran, Alas Purwo dan lain sebagainya.

Ada juga open trip yang lain seperti paket 3 hari+snorkeling mulai Rp 1,500,000. Bisa pilih paket yang sudah termasuk penginapan.

Saya tadinya mau pilih paket ini nih. Paket 3 hari 2 malam dengan Rp 2,600,000 untuk 2 orang dan mendapat homestay AC. Saya sempat WA juga untuk menanyakan penginapannya apa saja kalau yang homestay AC dan ada 3 pilihan homestay tipe OYO dan Reddoorz.

Setelah menimbang-nimbang dan harga juga tidak begitu jauh (malah pada akhirnya lebih mahal trip kami haha), kami hanya mengambil open trip Kawah Ijen dan Menjangan Island.

Maunya tuh, kami tuh motoran kemana-mana berdua. Dan kalau naik mobil yang dari paket open trip 3 hari itu, kayak gak bebas aja sama mas driver-nya, eaaa.

Untuk fasilitas open trip Kawah Ijen kami akan mendapat fasilitas transportasi antar jemput ke penginapan, air mineral, trekking guide, headlamp, snack dan tiket. Ada syarat untuk pendakian harus dengan surat keterangan sehat dari dokter. Kalau mau dibantu buatkan bisa bayar hanya Rp 35,000 saja. Rencananya kami nanti minta surat keterangan sehat dari faskes di Malang saja.

Selain itu ada biaya tambahan kalau mau:

  • Sewa respirator (masker gas) Rp 25,000/pcs
  • Sewa Track Pole Rp 25,000/pcs
  • Sewa Goggle Rp 25,000/pcs
  • Penjemputan area Pelabuhan Ketapang dan sekitarnya + Rp 25,000

Untuk open trip Kawah Ijen itu akan dijemput ke penginapan jam 23.30 WIB dan selesai jam 9.30 WIB.

banyuwangi 4 hari 3 malam
Amazing Banyuwangi Open Trip

Sedangkan untuk open Trip Menjangan Island di Amazing Banyuwangi hanya berangkat setiap Sabtu dan Minggu. Dengan biaya Rp 275,000 per orang yang destinasinya:

  • Pulau Tabuhan
  • Pulau Menjangan
  • Snorkeling Spot: Eel Garden, Sandy Slope, Coral Garden, Mangrove Point.

Di open trip Menjangan Island ini kami akan mendapat fasilitas:

  • Alat snorkeling
  • Life jacket
  • Makan siang
  • Air mineral
  • Tiket kawasan wisata
  • Asuransi
  • Underwater photo+video

Di Amazing Banyuwangi ini kami juga menyewa motor mulai Rp 75,000 per hari dengan syarat meninggalkan KTP.

Itinerary Kami untuk Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Setelah dua kali ganti itinerary Banyuwangi 4 hari 3 malam, akhirnya fix juga dan dipastikan semua lancar. Ini mah afirmasi saya yah untuk keberangkaan kami nanti. Aman, selamat, lancar dan lancarrrr.

amazing banyuwangi
Foto: freepik.com

Kalau Youtuber Diah Lina hari pertama dia sampai ke Banyuwangi langsung ke Rumah Singgah Pak Rahmat, tetapi saya memutuskan langsung ke penginapan. Nggak papa deh bayar penginapan untuk semalam yang kami hanya tidur beberapa jam saja dari pada pindah-pindah tempat.

Ini dia itinerary kami untuk Banyuwangi 4 hari 3 malam:

Hari 1:

Naik kereta api dari Malang ke Bangil kemudian lanjut dari Bangil ke Banyuwangi dan tiba sekitar jam 8 malam (kalau langsung dari Malang ke Banyuwangi nyampenya jam 12 malam kurang, kan mepet banget kalau mau ikut open trip Kawah Ijen).

Dari stasiun naik taksi online langsung ke penginapan (ini nih saya malah gak sewa motor). Kami menunggu dijemput Amazing Banyuwangi di penginapan jam 23.30 WIB untuk open trip Kawah Ijen.

Di Kawah Ijen saya rencananya menyewa track pole, respirator dan gerobak untuk turun. Sssttt, jangan ketawa ya hehe. Dari pada saya capek, mending saya ngglundung aja dengan gerobak turun😁

Hari 2:

Selesai open Trip Kawah Ijen jam 9.30 WIB kami ikut ke kantor Amazing Banyuwangi untuk mulai sewa motor. Kami pulang ke penginapan untuk beristirahat sebentar dan makan siang kami sekalian wisata ke De Djawatan.

Dari De Djawatan pengennya ke Dialoog Hotel karena ipar saya nanti dari kantornya di Jakarta juga ke Banyuwangi di hari yang sama. Lucu aja sih padahal gak rencana samaan tanggalnya, tetapi tadi dapet kabar dari adik saya kalau suaminya mau ke Banyuwangi juga di hari yang sama kami akan ke Banyuwangi.

Kan seru tuh kalau kami ke Dialoog Hotel menikmati sunset di sana karena memang posisi hotelnya di pinggir pantai.

Hari 3:

Pagi kami ke meeting point Grand Watu Dodol karena jam 8.00 WIB semua peserta open trip Menjangan Island berkumpul di sana.

Open trip ini berakhir jam 5 sore dan kami malamnya bisa ke Taman Patung Kuda atau menikmati makan malam sego tempong, kuliner khas Banyuwangi. Juga bisa nanti kami mampir ke tempat oleh-oleh Banyuwangi di Osing Deles.

Hari 4:

Jam 5.45 WIB adalah jadwal kereta api yang akan membawa kami dari Banyuwangi menuju Malang. Jadi kami pagi-pagi sudah check out dari penginapan dan mengembalikan motor ke Amazing Banyuwangi.

Segetu doang ya acara kami di Banyuwangi? Yaudahlah, sementara waktu perjalanan Banyuwangi 4 hari 3 malam ini sudah termasuk keren menurut saya. Hm… muji diri sendiri yaaa.

Perkiraan Biaya Wisata Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Berapa sih biaya yang saya sediakan untuk trip Banyuwangi 4 hari 3 malam?
Saya tuh bikin itinerary berkali-kali ya Happy People. Yang pertama bikin itu perkiraan biayanya sekitar Rp 2,3 jutaan. Sehingga saya langsung transfer ke anak saya uang sebesar Rp 2,5 juta. Saya ingin dia yang urus-urus soal keuangan.

Kemudian bikin itinerary lagi ternyata hampir Rp 3,5 jutaan yang saya share di atas tadi itinerary-nya. Saya transfer lagi ke anak saya sebesar sejuta. Hm, banyak duit transfer terusss, aamiin.

Jadi so far yang sudah kepake uangnya nih:

  • Booking penginapan 3 malam Rp 600,000
  • Amazing Bayuwangi (open trip Kawah Ijen, Menjangan Island dan sewa motor 2 hari) Rp 1,050,000 (baru bayar DP Rp 350,000)
  • Tiket kereta api Rp 450,000

Total yang sudah terbayarkan sekitar Rp 1,400,000. Sisa uang bisa dipakai nanti di Banyuwangi selama di Kawah Ijen untuk sewa track pole, respirator dan gerobak turun dan pelunasan open trip . Sedangkan untuk tiket-tiket masuk ke wisata saya perhatikan gak mahal dan untuk makan kami memilih yang ala warung aja kayak lalapan atau sego tempong.

Demikian rencana perjalanan kami untuk Banyuwangi 4 hari 3 malam dalam waktu dekat ini. Mumpung anak saya masih libur kuliah Universitas Brawijaya yang kami manfaatkan untuk berlibur bersama dan akan menjadi kenangan indah.