Dengan meningkatnya minat terhadap cryptocurrency, orang-orang mulai belajar cara membeli cryptocurrency dan mencari cara mudah untuk membeli Bitcoin. Tidak mengherankan jika beberapa calon investor berharap mempelajari lebih lanjut mengenai cara kerja aset digital. Namun apa itu kripto? Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya berikut.

Apa itu Kripto?

Mata uang kripto atau Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital menjadi hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Pencatatan dari  semua transaksi yang dilakukan tersimpan di blockchain. Blockchain ini  tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain lalu terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas, maka tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, kripto adalah  mata uang digital yang bisa digunakan untuk melakukan  transaksi antar pengguna tanpa harus melewati pihak ketiga. Selain menggunakan mata uang virtual sebagai alat perdagangan, banyak pengguna memanfaatkan mata uang virtual sebagai sarana investasi. Ini dikarenakan fluktuasi nilai mata uang virtual.

Sekali lagi, hukum penawaran serta permintaan juga  berlaku. Ini artinya bahwa semakin banyak orang berinvestasi dalam cryptocurrency, maka semakin berharga juga nilainya. Di Indonesia sendiri, aset kripto yang tergolong emas digital sudah memperoleh legalitas melalui Bappebti. Setelah mengetahui pengertian apa itu kripto, berikut ini fakta menarik tentang Crypto:

Fakta Menarik Tentang Crypto

Misteri Pembuat Bitcoin

Fakta menarik tentang crypto yang pertama adalah berikut ini. Tahukah Anda nama Satoshi Nakamoto, yang disebut-sebut sebagai pembuat Bitcoin, sebenarnya merupakan nama samaran seseorang atau sekelompok orang? Dia atau mereka diyakini mengembangkan pembuatan Bitcoin di tahun 2009. Tetapi, jejak Nakamoto menghilang secara misterius dari internet dua tahun berikutnya.

Tidak heran jika kemudian banyak orang mengklaim dirinya adalah Satoshi Nakamoto, namun tidak ada satu pun yang mempunyai bukti kuat. Sampai saar ini, misteri pembuat Bitcoin belum terpecahkan. Pada akhirnya, banyak orang setuju membiarkan sang pembuat mata uang desentralisasi ini tetap anonim, sama seperti sifat pembuatan Bitcoin.

Transaksi Bitcoin Komersial Pertama Adalah Untuk Pizza

Pada 22 Mei 2010, ada seorang pria di Florida membayar 10.000 bitcoin untuk dua pizza. Transaksi ini biasanya diakui sebagai transaksi bitcoin komersial pertama. Pada saat itu, 10.000 bitcoin bernilai sekitar $40, membuat satu bitcoin “bernilai” sedikit kurang setengah sen. Hari ini, jika Anda mempunyai bitcoin sebanyak itu, nilainya bisa lebih dari $350 juta.

apa itu kripto
Foto: www.pexels.com

Ada Lebih dari 7.300 Cryptocurrency yang Ada

Pada November 2021, terdapat lebih dari 7.300 cryptocurrency yang beredar. Ada sangat banyak koin yang tersedia karena relatif mudah untuk membuat koin dan memasarkannya di beberapa ekosistem. Namun, pada November 2021, 20 koin teratas menyumbang sekitar 86% dari pasar cryptocurrency.

Beberapa kripto, seperti Ethereum, mempunyai lebih banyak kegunaan daripada sebagai koin. Beberapa cryptocurrency mempunyai kegunaan lebih dari sekadar menjadi koin. Blockchain Ethereum bisa digunakan untuk lebih dari sekadar memproses pembayaran dan mengirim mata uang.

fakta menarik tentang crypto
Foto: www.pexels.com

Walaupun Anda bisa menggunakan ether, koin asli untuk transaksi, teknologi yang mendasarinya bukan hanya tentang alat tukar. Ethereum juga digunakan untuk penggunaan smart contract dan bisa digunakan untuk manajemen blockchain. Cryptocurrency lain juga membuat koin mereka di jaringan Ethereum.

Baca juga: Langkah Finansial yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Bangun Tidur

Beberapa Negara Melarang Cryptocurrency

Tidak semua negara mengizinkan penggunaan cryptocurrency. Beberapa negara, seperti Turki, tidak mengizinkan pembayaran cryptocurrency, sedangkan yang lain, seperti Nigeria, melarang pertukaran cryptocurrency.

Tetapi, salah satu larangan paling signifikan baru-baru ini merupakan larangan China terhadap lembaga keuangan untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi kripto. Secara praktis tidak mungkin negara untuk melarang penggunaan cryptocurrency, walaupun negara bisa mengatur akses ke penyedia layanan dan menutup exchange.

Namun dengan salah satu negara ekonomi terbesar di dunia keluar melawan cryptocurrency, sulit untuk mengatakan bagaimana keadaan akan berkembang nanti.

China Dulu Menyumbang Sekitar 65% dari Penambangan Cryptocurrency

Pada Mei 2021, China mengusulkan konsekuensi untuk perusahaan telekomunikasi dan lainnya yang menggunakan alat mereka untuk pertambangan. Pada Agustus 2021, China langsung bertindak, maka negara itu dilihat dari tingkat hasil global telah jatuh ke angka nol.

Para peneliti percaya beberapa penambangan rahasia masih ada di China, ditutupi penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN). Tetapi tindakan Tiongkok dan penghentian cepat yang terjadi pada operasi penambangan cryptocurrency Tiongkok menggarisbawahi bahwa kerentanan pasar cryptocurrency terhadap keputusan kebijakan oleh negara-negara besar.

Seorang Pria Menggali Tempat Sampah untuk Memperoleh Kembali Dompet Digitalnya

Pada 2013, James Howells, yang tinggal di Wales, membuang hard drive dengan 7.500 bitcoin di dalamnya. Saat dia menyadari betapa nilai Bitcoin sudah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, dia pergi mencari drive.

Kini, dia mencoba meminta dewan kota setempat untuk mengizinkannya menggali tempat pembuangan sampah dengan upaya menemukan drive. Dia mengaku akan memberikan sebagian dari hasil jika kota mengizinkannya untuk menggali tempat pembuangan sampah.

Harga Mata Uang Kripto Sangat Fluktuatif

Harga Cryptocurrency diselingi dengan perubahan harga yang besar. Bukan hal yang aneh jika sebuah koin kehilangan 30% sampai 50% dari nilainya dalam semalam lalu memberi keuntungan besar beberapa hari kemudian.

info kripto hari ini
foto: www.pexels.com

Untuk Anda yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU adalah platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama untuk para investor crypto baru dan kasual.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai pengertian dan fakta menarik tentang crypto. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi crypto, maka bisa mendapatkan info kripto hari ini hanya di website PINTU.