Gimana sih meningkatkan traffic website E-commerce melalui SEO? Buat Happy Peoople yang jualan online lewat website tentunya sangat memikirkan kemajuan toko onlinenya.

Indonesia dengan jumlah penduduk 175 juta dan 65,3 persen populasi sudah terhubung dengan internet. Di tahun 2020 terdapat 129 juta penduduk Indonesia yang menggunakan layanan e-commerce (sumber: We Are Social, April 2021).

Hal ini menyebabkan para seller atau pedagang yang biasanya berjualan secara offline sekarang lebih memilih untuk berjualan online dengan memiliki website sebagai perwakilan tokonya.

Tetapi sebetulnya bagaimana meningkatkan traffic website e-commerce platform melalui SEO yang canggih agar tokonya Happy People selalu berada di urutan pertama di mesin pencari? Yuk kita simak di artikel di bawah ini.

Tips Meningkatkan Traffic Website E-commerce Melalui SEO Canggih

Sebetulnya rahasia dari segala rahasia agar website atau toko online Happy People selalu berada di urutan pertama mesin pencari adalah dengan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) yang canggih.

Hampir sebanyak 40% customer yang belanja online memulai dengan proses pembelian suatu produk melalui mesin pencari. Dengan mengandalkan SEO menjadi prioritas agar toko online Happy People selalu dicari oleh pembeli.

Meningkatkan traffic website e-commerce melalui SEO agar penjualan bisa maksimal bisa dengan beberapa cara. Salah satunya dengan melakukan SEO on page. SEO on page merupakan salah satu faktor penentu website Happy People teroptimasi atau tidak oleh Google atau mesin pencari.

meningkatkan traffic website e-commerce
pict: www.pexels.com

Dengan memaksimalkan SEO on page , tentunya dapat meningkatkan traffic webiste e-commerce secara signifikan. Beberapa cara meningkatkan traffic website melalui SEO on page yaitu:

1. Judul

Judul merupakan salah satu hal penting dalam meningkatkan traffic webiste e-commerce Happy People. Semakin dekat kata kunci/keyword dengan judul maka mesin pencari akan semakin menyukai dan tentunya akan merekomendasikan website Happy People untuk muncul di mesin pencari halaman pertama. Sebaiknya buat judul maksimal enam puluh karakter agar lebih mudah dibaca oleh Google

2. URL

URL atau Universal Resource Locator sebaiknya dibuat lebih singkat dan berisikan keyword. URL lebih pendek di mata Google lebih baik dari pada dengan URL yang sangat panjang.

3. Kata Kunci di 100 Kata Pertama

Meningkatkan traffic website e-commerce yaitu cara lainnya adalah dengan menempatkan kata kunci di 100 kata pertama di dalam artikel yang Happy People tulis.

4. Beri Visual

Agar lebih menarik, untuk artikel yang Happy People tulis harus diberi visual yang menarik seperti gambar, video atau infografis. Dengan visual yang menarik dapat membuat calon pembeli membaca lebih lama di halaman artikel tersebut sehingga bounce rate dan time on screen menjadi dua faktor penting di peringkat inetraksi pengguna.

5. Sub Judul atau H2

Dalam menulis artikel dengan tujuan meningkatkan traffic website e-commerce sebaiknya diberi sub judul minimal satu buah. Dan jangan lupa sertakan kata kunci disertakan dalam sub judul atau H2.

6. Desain Responsif

Cara lain untuk meningkatkan traffic website e-commerce yaitu dengan membuat website dengan design yang responsive. Hal ini dikarenakan Google sangat menyukai website yang mobile friendly sehingga mudah dicari oleh mesin pencari. Website yang tidak responsif desainnya untuk mobile, desktop atau tablet maka dapat menyebabkan penurunan peringkat.

7. Gunakan Tautan Keluar

Jangan lupa dalam hal meningkat trafik website e-commerce, Happy People harus menggunakan tautan keluar atau outbound links ke halaman terkait yang merupakan sinyal relevansi agar Google bisa mengetahui topik halaman artikel Happy People. Dengan menempatkan tautan keluar maka halaman tersebut dapat mengungguli halaman artikel yang tanpa tautan keluar. Wikipedia salah satu contoh tautan keluar yang lebih bagus.

8. Tautan Internal

Meningkat trafik website e-commerce bisa dengan cara yang lebih mumpuni lagi yaitu dengan menambahkan dua atau lebih tautan internal (internal links) di setiap post artikel.

9. Optimasi Gambar

Pemberian visual di postingan artikel juga harus dioptimasi dengan menulis Alt Text pada setiap gambar. Berikan kata kunci yang sesuai di setiap gambar agar Google lebih mengerti gambar tersebut.

10. Konten yang Panjang

Jangan ragu untuk menulis konten yang panjang. Karena konten yang lebih panjang cenderung memiliki peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari Google.

Demikian beberapa cara meningkatkan traffic website e-commerce untuk Happy People yang memiliki toko online. Dengan memaksimalkan penggunaan SEO yang canggih pasti platform e-commerce Happy People laris manissssđŸ¤‘