Belajar SEO On Page Untuk Optimasi Blog Bersama Ahlinya – Sangat penting bagi blogger untuk mengoptimasi blognya agar tampil di halaman teratas mesin pencari.Β Memiliki blog dengan tujuan untuk berbagi cerita di blog yang berniche travel dan lifestyle, akan terasa percuma ketika berbagi cerita dan dicek di mesin pencari ternyata tidak ada satu artikel pun yang masuk di lima halaman pertama mesin pencari.

Belajar SEO blogger secara mandiri, banyak tidak pahamnya untuk ukuran saya yang seorang emak berusia di atas 45 tahun. Dan Tuhan akhirnya mendengar doa saya yang ingin belajar lebih banyak tentang blog.

Kelas 30 Hari Naik DA G2

Berpengalaman dari tulisan di artikel yang kadang masuk kadang nggak masuk di mesin pencari, malah banyak berada di halaman bawah mesin mencari. Ketika di sebuah WAG Malang Citizen ada link pendaftaran untuk masuk kelas 30 hari naik DA G2 saya pun segera mendaftar pada bulan Juni 2020. Dengan banyak berdoa setelah mengisi form agar dapat diterima masuk di kelas dan Alhamdulillah saya mendapat pesan di Whatsapp dari Coach Irwin. Pada akhir bulan Juni 2020 kelas 30 hari naik DA gelombang 2 di WA Grup pun dimulai.

Kelas yang diprakarsai oleh ahlinya yaitu Coach Irwin dan Coach PeWe ini diadakan secara gratis tidak dikenakan biaya dengan tujuan untuk mencerdaskan para blogger. Wuih keren banget kan, selama 30 hari dan kelasnya gratis. Padahal yang di luar sana untuk ikut kelas kursus SEO seperti ini pasti akan mengeluarkan kocek sangat mahal.

Materi yang diberikan sampai 2 minggu ini yaitu cara menaikkan Domain Authority, Google Analytic, Google Seacrh Console, Keyword Research dan belajar SEO On Page. Masih ada materi yang belum dipelajari untuk dua minggu ke depan sampai akhir bulan Juli ini. Dalam membawakan materi di kelas, Coach Irwin dan Coach PeWe dibantu juga oleh Coach Baim (kependekan dari Bahrul Ilmi), Mas Ilham Sadli dan Mba Ria Kurniasih.

Kami para blogger awalnya berjumlah 30 orang dan diberi tugas setelah diberikan materi. Selama tiga hari akan ada penilaian dan akan ada yang dikeluarkan dari kelas bila ada yang tidak mengerjakan tugas. Kenaikan jumlah DA tergantung dari usaha dan pemahaman masing-masing blogger setelah diberi materi. Dalam 10 hari yang belajar di kelas tinggal 20 orang dan semuanya adalah emak-emak tangguh. Luar biasa emak-emak ini.

Selama mengikuti kelas, jujur rasanya senam jantung terus bila mengerjakan tugas, maklum kalau saya loadingnya lama. Dan banyak istilah-istilah baru yang saya dapatkan di kelas ini. Yang selama ini saya lakukan hanya menulis artikel dan tayang artikel di blog, ternyata tidak semudah itu. Banyak yang harus dipahami dan dioptimasi blog saya agar bisa naik DA dan lebih mudah terindeks di mesin pencari.

Dan oleh coach kami dibentuk tim terdiri dari empat orang. Saya mendapat tim hijau bersama dengan Mbak Dyah Ayu, Mbak Susana Devi serta Mbak Diaz Bella. Teman-teman satu tim yang sangat kompak dan sangat membantu saya dalam hal kelambatan loading. Duh, malu deh udah tuwek niii. Semoga saya dapat bertahan menuntut ilmu di kelas ini sampai akhir bulan Juli 2020. Aamin YRA.

Sekilas Tentang Coach Bahrul Ilmi

Dari beberapa materi, materi belajar SEO On Page adalah materi ke empat setelah materi Google Analytic dan Google Search Console dan Keyword Research. Materi SEO On Page yang dibawakan oleh ahlinya yaitu coach Baim seorang pemuda asal Pontianak yang mulai menulis di blog sejak tahun 2011.

Coach Baim memiliki ketertarikan mendalami SEO, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk membantu orang lain yang sedang memperkenalkan diri, usaha, atau brand mereka di internet. Coach Baim sekarang bekerja sebagai freelance content writer dan web content editor di salah satu agency di Jakarta.

Dalam membawakan materi di kelas, Coach BaIm sangat terstruktur, sederhana tidak berbelit-belit dan sangat sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari blogger yang bertanya tanpa kenal waktu. Upss.. Coach Baim menjawab pertanyaan blogger dengan teori dan pengalaman yang sudah didapat selama ini. Coach Baim mampu menjawab pertanyaan blogger yang menggunakan blogspot maupun wordpress. Belajar SEO wordpress dengan ahlinya membuat saya lumayan paham walau pun ada istilah-istilah baru. Padahal tempo hari saya sempat berpikiran juga untuk menggunakan jasa SEO, duh gayane ‘Rek.

Belajar SEO On Page Untuk Optimasi Blog

Salah satu cara untuk menaikkan DA (Domain Authority) adalah dengan belajar materi SEO On Page yang diberikan langsung oleh Coach Baim. SEO on Page dilakukan dengan tujuan untuk mendapat rating yang lebih tinggi di mesin pencari serta meningkatkan jumlah pengunjung yang relevan. SEO On Page adalah optimasi SEO yang kita lakukan dari dalam blog sendiri. Kata On Page disini mengacu pada segala aspek yang berkaitan dengan blog atau website.

belajar seo blogger

dok. pribadi

 

Parameter SEO On Page menurut Coach Baim:

  1. Keyword di judul (55-60 karakter)
  2. Keyword di permalink (75 karakter)
  3. Keyword di meta deskripsi (150 karakter)
  4. Keyword di awal paragraf pertama (150 karakter)
  5. Optimasi tag heading
  6. Optimasi gambar
  7. Penggunaan outbound link
  8. Penggunakan internal link
  9. Manfaatkan LSI Keyword
  10. Share di media sosial
  11. Submit ke Google Search Console

Di dalam kelas kami diberi tugas dan langsung mempraktekkan apa yang telah coach beri materi. Dengan demikian kami blogger akan dapat segera memahami masalah di masing-masing blog. Saya yang sebelumnya banyak tidak tahu soal daleman blog, sedikit demi sedikit mulai terbuka mata saya. Kan sambil belajar sambil ngunyah cemilan, jadi lebih ngeresep ilmunya. #eaa

Saya mencoba memperbaiki beberapa artikel lawas saya. Ternyata banyak yang ompong karena saya banyak tidak mengisi untuk meta deskripsinya. Kemudian untuk headingnya saya lakukan loncat-loncat, banyak yang tidak menggunakan H2, padahal menggunakan tag heading sebaiknya berurutan H2 – H6. Kalau H1 kan sudah otomatis berada di judul artikel. Saya juga melakukan optimasi gambar dengan mengisi keyword yang relevan di alt text dan alt image yang sebelumnya juga ompong tidak diisi oleh saya. Kemudian saya juga memanfaatkan LSI Keyword yang sebelumnya sudah saya dapatkan di UbberSuggest (www.app.neilpatel.com), dengan menyebar LSI Keyword di sub heading mau pun di paragraf artikel.

Seperti kemarin hari Minggu tanggal 12 Juli 2020 saya memperbaiki 9 buah artikel lawas saya. Dan pagi ini saya mendapat kabar gembira. Di WA Grup Coach PeWe share untuk DA semua blogger per hari ini Senin tanggal 13 Juli 2020. Ada kenaikan DA saya per tanggal 10 Juli 2020 itu 11 dan hari ini naik menjadi 14. Bayangkan, memperbaiki 9 buah artikel lawas DA saya naik 3 poin. Hmm.. Tetapi kenaikan itu juga karena kita mengerjakan tugas SEO Off Page juga ding. Hehe. Rasanya bahagia banget deh 😍

kursus seo

Saya no 27

 

Manfaat dari belajar SEO On Page untuk optimasi blog dengan ahlinya dapat meningkatkan traffic pengunjung yang datang ke blog saya. Percaya deh. Saya cek di GSC lumayan ada kenaikan tuh.

Masih ada waktu untuk terus belajar sampai akhir bulan. Semoga saya dimampukan untuk dapat terus mengikuti kelas dan mengerjakan tugas dengan diberi kesehatan dan kesabaran. Banyak berkah untuk para coach yang telah memberi materi gratis selama 30 hari. Aaamiin YRA

Baca juga:

Daftar Kelas Jago SEO

Yang mau ikutan kelas Naikin DA ini, moga-moga dibuka lagi untuk gelombang berikutnya. Upsss… Tapi kalau gak dapet kelas gratisnya, bisa nih ikutan kelas berbayarnya. Gak terlalu mahal kok dan lagi ada promo harganya hanya Rp300.000. Hanya 10 seats aja lho.

Kelas akan dipandu langsung oleh ahlinya yaitu Coach Irwin dan Coach PeWe. Yuk langsung aja daftar di ke coachnya atau klik gambar di bawah ini yaaa πŸ˜‰

kursus seo on page

Daftar kelas langsung ke coachnya, klik gambar