Happy People di Malang bingung cara mengganti foto KTP? Bisa baca di artikel di bawah ini.

Saya mau cerita dulu nih. Pada bulan Juli 2023 saya mengganti KTP saya karena pindah domisili. Yang dari Kecamatan Blimbing ke Kecamatan Kedungkandang di Kota Malang. Alhamdulillah sebelum lebaran kami pindah ke rumah baru. Akhirnya punya rumah sendiri, tidak ngontrak lagi.

Di bulan Juli itu saya yang proses ganti KTP sendirian, anak saya masih KKN selama satu bulan. Proses dilakukan di Kelurahan Wonokoyo dan oleh petugas saya diminta ke Kelurahan Mojolangu sesuai alamat KTP saya untuk proses mutasi karena beda kecamatan.

Kalau di Kelurahan Mojolangu proses sangat cepat, saya hanya diminta instal aplikasi Identitas Kependudukan Digital. Juga membawa dokumen-dokumen seperti KK dan fotokopi, Surat Akte Cerai dan fotokopi dan materai 10,000. Kemudian kembali ke Kelurahan Wonokoyo.

Di Kelurahan Wonokoyo saya menyerahkan dokumen dari kelurahan sebelumnya dan KTP saya yang lama. Kemudian saya diminta menunggu selama 14 hari.

Oh iya, ketika dicek di aplikasi IKD, yang ada data hanya saya saja. Sesuai KK adalah memang hanya saya dan anak saya, kemana data anak saya yah? Ternyata karena anak saya belum mengembalikan KTP lama yang saat itu di bulan Juli masih KKN. Kata petugas nanti saja bila anak sudah kembali ke Malang tinggal serahkan KTP lama ke kelurahan.

Baca juga: Cara Mengurus Surat Cerai Di Pengadilan Agama Malang

Cara Mengganti Foto KTP di Malang, Gak Sampe Sejam!

Hari berganti hari, bulan pun berganti bulan. Kejadian silih berganti selalu saja hadir dalam drama anak manusia tidak terkecuali kami.

Akhirnya setelah UAS di bulan Desember 2023 tepatnya tanggal 21, saya ajak anak saya ke Kelurahan Wonokoyo untuk mengganti foto KTP. Kalau ganti foto KTP kan sekalian sudah dengan data yang baru, yang dulu sudah diproses sebelumnya di bulan Juli.
Saya minta anak saya supaya tampil rapi dengan dandanan sederhana karena akan difoto untuk KTP elektronik seumur hidup.

Pagi itu kami masih menunggu 1 antrian di kelurahan. Agak lama juga petugas Dukcapil melayani. Saya pikir mau ganti foto KTP kayaknya gak mungkin di sini deh. Jadi tuh KTP anak saya kan masih KTP domisili yang lama, tetapi mau sekalian juga ganti foto karena sebelumnya gak berhijab.

Saya celingak celinguk mencoba menelusuri dengan mata saya ruang-ruang di kelurahan tersebut, sepertinya tidak ada alat buat foto, hihi.

Tidak ada tanda-tanda selesai juga dari petugas Dukcapil, kemudian saya mencoba maju ke loket dan bertanya ke petugas seorang pria muda berkacamata yang masih khusyu di depan komputer, saya menanyakan bagaimana cara mengganti foto KTP. Petugas Dukcapil meminta KK saya untuk membuka data di komputernya. Katanya data anak saya sudah ada di KK yang baru. Yaiyalah, kan sudah saya pindah semua di bulan Juli lalu. Hanya fisik kartu belum diserahkan karena alasan kesibukan.

Kemudian lanjutnya lagi saya diminta ke Kantor Terpadu Pemkot Malang. Sarannya saya diminta untuk ke Customer Service dengan membawa fotokopi KK dan KTP yang lama. Setelah mengucap terima kasih kami langsung buru-buru ke Kantor Terpadu yang untungnya tidak jauh dari rumah kami hanya berjarak 3 kiloan. Cobak kalau kita nungguin 1 antrian tadi hingga selesai, welehhh, bisa lama dan ternyata emang gak di situ buat ganti foto KTP, haha.

Tidak sampai 10 menit kami sudah sampai di Kantor Terpadu yang berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono No. 2 Kota Malang.

Dokumen Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Mengganti Foto KTP?

Setibanya kami di Kantor Terpadu kami menuju Dispenduk lantai 1. Ada petugas yang menyapa setiap tamu. Saat itu ada satu antrian dan kami menunggu dengan berbaris di belakang.

mengganti foto ktp di malang
Jam 10.39 WIB dipanggil ke CS (dok. pribadi)

Setelah giliran kami, petugas menanyakan maksud kedatangan kami. Setelah kami mengutarakan bahwa hendak mengganti foto KTP anak karena sudah berhijab. Kemudian anak saya diminta untuk menginstal aplikasi IKD di smartphonenya. Setelah itu baru mendapat nomor antrian.

Anak saya mendapat antrian no 46. Hanya mengantri 4 nomor kemudian anak saya dipanggil ke Customer Service jam 10.39 WIB. Di CS anak saya menyerahkan fotokopi KK dan KTP lama yang kemudian dijepret petugas dan diminta untuk menuju ke loket 27.

Jadi dokumen yang dibutuhkan untuk mengganti foto KTP hanya fotokopi Kartu Keluarga dan KTP yang lama.

cara mengganti foto ktp di malang
Jam 10.58 WIB di Loket 27 (dok. pribadi)

Segera kami menuju loket 27. Saat itu Kantor Terpadu Pemkot Malang sepi, mungkin karena mendekati liburan natal dan cuti bersama. Di loket 27 kami juga hanya menunggu 1 antrian. Anak saya memasukkan berkas yang tadi dibawa dari CS ke loket 27 dan menunggu di luar untuk proses mengganti foto KTP.

Sebetulnya loket 27 seperti bilik, di sana ada alat perekam foto dan sidik jari. Tak lama anak saya dipanggil. Saya dari luar masih bisa melihat anak saya difoto. Dan petugas memberi pilihan mau foto mana yang akan dijadikan foto KTP. Karena fotonya diambil beberapa kali oleh petugas. Saya dari kejauhan memotret anak saya itu jam menunjukkan pukul 10.58 WIB.

mengganti foto KTP
Jam 11.04 WIB di parkiran mau pulang
(dok. pribadi)

Anak saya juga direkam 10 sidik jari dan KTP langsung diprint saat itu juga. Wow.. Mengganti foto KTP di Malang mudah sekali hanya datang ke Kantor Terpadu Dukcapil Pemkot Malang dan prosesnya tidak sampai satu jam. Di parkiran jam 11.04 WIB anak saya berfoto dengan KTP barunya yang katanya fotonya cantik banget. Eaaaa! Saya juga mengecek aplikasi IKD saya, untuk data keluarga sudah ada anak saya di sana berati sudah lengkap sesuai Kartu Keluarga yang kami hanya berdua saja. Alhamdulillah.