Magang Kampus Merdeka sudah buka nih yang batch 7. Ah jadi ingat anak saya yang lagi ada di Jakarta. Saat ini dia masih menjalani magang di perusahaan Jepang yaitu PT Aeon Indonesia di Mall Alam Sutera.

Ada yang belum tahu tentang magang kampus merdeka? Banyak infonya di Google juga ada instagramnya sendiri. Memang belum lama dibuka, anak saya juga baru masuk di batch 6. Tiap semester Magang Kampus Merdeka dibuka. Pendaftarannya biasanya dua bulan sebelum semester baru. Dan saya bangga banget anak saya keterima Magang Kampus Merdeka di 2 perusahaan.

Magang Bergengsi dan Dapat Uang Saku

Ketika anak saya mau ikut Magang Kampus Merdeka, kami berdiskusi terlebih dahulu. Karena banyak perusahaan yang akan dilamar oleh anak saya. Kami memikirkan bagaimana kalau anak saya dapat magang di luar kota, dan bagaimana biayanya. Seperti Happy People tahu saya seorang freelance yang mencari uang di dunia blog dan make up. Yang pendapatannya tidak fix setiap bulan. Eh jadi curcol, kaan.

Anak saya mengatakan, ikut Magang Kampus Merdeka bisa menjadi nilai plus di CV-nya kelak. Ya iya dong, hari gini lulusan S1 dan S2 aja banyak yang nganggur. Dan saya berharap saat itu anak saya bisa keterima di salah satu perusahaan Magang Kampus Merdeka. Banyak-banyak berdoa saya judulnya saat itu, semoga keterima di Jabodetabek.

Dan yang saya dengar-dengar juga nih, magang ini bisa dikatakan magang bergengsi karena bekerja juga mendapat uang saku. Tetapi ternyata tidak semua peserta mau menjalaninya. Dan banyak juga mahasiswa yang tidak keterima, duh jadi mules kan saya dengernya.

Magang Kampus Merdeka biasanya dimulai saat mahasiswa sudah di semester 6. Dan selama satu semester tersebut atau selama empat bulan (karena dua bulan liburan kuliah) mahasiswa yang magang dan tidak kuliah tersebut nilainya dikonversikan. Dan ini konversinya sebanyak 20 SKS, sehingga sebaiknya memilih perusahaan yang telah bekerja sama dengan program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) 2024 Kampus Merdeka.

Anak Saya Keterima di Dua Perusahaan

Banyak manfaat magang bersertifikat kamups merdeka karena peserta bisa belajar langsung bersama profesional dari mitra dagang atau kementrian, menambah skill (soft dan hard), mendapat uang saku dan bisa dikonversikan sebanyak 20 SKS.

Dari akhir tahun 2023 anak saya mulai melamar ke perusahaan-perusahaan. Setiap mahasiswa yang mau magang membuat akun dulu di laman resmi Kampus Merdeka. Untuk cara daftar magang Kampus Merdeka dan syaratnya memang banyak langkah yang harus dilalui. Apa saja persyaratan Magang Kampus Merdeka? Salah satunya adalah membuat CV atau curriculum vitae.

Nah ini dia salah satu tips lolos Magang Kampus Merdeka yaitu dengan membuat CV yang efektif. Idealnya sih CV harus ringkas, padat dan jelas juga rapi. Tidak hanya membuat CV yang menarik, mahasiswa yang melamar Magang Kampus Merdeka setidaknya aktif di organisasi. Kalau anak saya memang aktif di IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences. Di organisasi tersebut anak saya sempat menjabat sebagai Coordinator Department Public Relation & Promotion (Co Dept PRP) di IAAS Univeritas Brawijaya selama satu tahun (Desember 2022 – 2023)

magang kampus merdeka
Anak saya dengan buket bunga di akhir masa jabatannya di IAAS bersama tim PRP

Pernah juga anak saya ikut lomba menulis essay di IAAS dan presentasi online yang diadakan oleh IAAS Belgia dan tim anak saya yang kala itu bertiga dari IASS Universitas Brawijaya dan menang. Tim yang lomba mendapat hadiah $2000 dan dibagi bertiga, Alhamdulillah.

Anak saya melamar ke 22 perusahaan yang bekerja sama dengan mitra Kampus Merdeka di Kemendikbud. Setiap mau melamar bertanya kepada saya kalau lokasinya tidak di Malang. Dan akhirnya saya memintanya kalau bisa yang di Jabodetabek. Karena di Jakarta masih ada eyang-eyangnya sehingga bisa menginap di sana dari pada ngekos. Hm.. emak sedang irit mode on.

Anak saya sempat stres juga ya, karena banyak perusahaan yang dilamarnya tetapi banyak juga yang menolaknya. Dari 22 perusahaan tersebut tidak hanya berlokasi di Jabodetabek tetapi akhirnya hingga ke luar kota juga ke luar pulau. Yang tadinya sesuai minat dengan prodinya akhirnya melamar ke mana-mana hingga DPR RI pun dilamarnya. Eh jangan salah ya, ternyata ada teman satu fakultasnya keterima di DPR RI Jakarta, hihi.

Dari 22 perusahaaan partner Magang Kampus Merdeka yang anak saya lamar, hanya 6 perusahaan yang menyatakan lolos berkas dan ada yang lanjut psikotes kemudian wawancara. Alhamdulillah anak saya keterima di 2 perusahaan, yaitu PT Aeon Indonesia di Mall Alam Sutera Tangerang dan BRGM di Kalimantan (Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia).

Tetapi kami memutuskan untuk mengambil PT Aeon Indonesia walau pun lokasinya sangat jauh, memakan waktu bisa 2 jam atau 4 jam PP dari rumah eyangnya. Tetapi semangat aja karena dapet uang saku juga pengalaman, huhu.

Jujur sih bingung juga kalau anak saya ambil magang di Kalimantan, jauh juga ya uhuk.

Magang Kampus Merdeka di PT Aeon Indonesia Mall Alam Sutera

Alhamdulillah, doa saya terkabul. Saya memang sangat berharap anak saya keterima Magang Kampus Merdeka dan Alhamduillah lagi keterima di Tangerang. Di mana anak saya tidak perlu kos dan masih bisa tinggal bersama eyang-eyangnya.

Ternyata teman satu gengnya dan beberapa teman satu fakultas ada yang keterima juga di PT Aeon Indonesia. Tetapi berbeda lokasi. Yang teman satu gengnya keterima di PT Aeon Indonesia Cibubur. Tetapi mereka beberapa kali ketemuan saat hari liburnya bersamaan.

persyaratan magang kampus merdeka
Anak saya tiba di
Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta

Jadi magang di PT Aeon Indonesia itu jadwalnya shift-shiftan. Karena perusahaan tersebut perusahaan retail yang buka dari pagi hingga malam. Yang belum tau Aeon, itu mirip Superindo deh, pasti pada tahu kan yah. Bedanya barang-barang yang dijualnya kebanyakan barang import.

Akhir bulan Februari 2024 anak saya mobilisasi dari Malang ke Jakarta dengan pesawat terbang yang dibelikan tiketnya langsung oleh perusahaan. Saya sendiri juga ikutan ke Jakarta tetapi naik kereta api, haha. Motor sudah dikirim satu minggu sebelumnya berikut dus isi barang lenong anak saya. Jadi dia tuh naik pesawat membawa koper kecil isinya hanya toiletri, barang kosmetik, perlengkapan gadget seperti kabel charger, tablet, laptop. Barang-barang seperti pakaian, sepatu dll semua dikirim melalui ekspedis, Termasuk motor juga dikirim dengan ekspedisi.

Sesampai di Jakarta kami survei kendaraan apa saja yang akan dilalui oleh kami hingga tiba di Mall Alam Sutera tempatnya magang. Hari pertama kami mencoba naik TransJakarta dari Arion Plaza Rawamangun kemudian ganti bus di Halimun dan turun di Palmerah dengan ganti KRL menuju Stasiun Rawa Buntu. Di mana motor sudah ready di Stasiun Rawa Buntu. Karena perjalanan dari Stasiun Rawa Bunu menuju Mall Alam Sutera kalau naik angkot juga lama karena angkot sering ngetem. Sedangkan dari Arion hingga Stasiun Rawa Buntu hari itu kami stres juga. Macettt karena ada pembangunan LRT sehingga naik TransJakarta kami coret.

Keesokannya kami mencoba full dengan KRL. Jadi kami ke Stasiun Klender yang dekat dengan rumah eyangnya, kalau naik GoRide hanya Rp 11,000. Kemudian kami memilih rute ke Stasiun Tanah Abang yang kemudian ganti rute yang ke Stasiun Rawa Buntu. Perjalanan di KRL sendiri sudah satu jam, itu tidak termasuk naik GoRide dan naik motor menuju Mall Alam Sutera. Total perjalanan 4 jam PP. Judulnya anak saya tuh anker, alias anak kereta. Dia akhirnya dia merasakan digeprek di dalam KRL, hiks. Memang ini yang harus dilalui karena memilih tidak kos dekat kantornya.

Cerita tentang motor yang dikirim, Alhamdulillahnya kami punya teman baik yang dulu punya homestay di Malang. Teman baik saya itu punya rumah tidak jauh dari Stasiun Rawa Buntu. Jadi motor dari Malang dikirim lewat ekspedisi menuju rumahnya. Biaya kirim motor dari Malang menuju Tangerang Selatan saat itu Rp 750,000 dengan ekspedisi Herona. Untung ya punya teman baik mau ketitipan motor, hiks. Nah kemudian kami ambil motor dan menginapkan motor di Stasiun Rawa Buntu.

Jadi begitu anak saya turun dari KRL di Stasiun Rawa Buntu, motor yang bermalam bisa dipakai ke kantornya PT Aeon Indonesia dimana perjalanannya sekitar 20-30 menit. Biaya menginap motor per malam Rp 12,000 hingga Rp 15,000. Begitu yang dilakukan anak saya setiap hari. Pulang kantor setibanya di Stasiun Rawa Buntu, motor langsung dititipkan dan baik KRL pulang ke Jakarta, Tetapi anak saya pasti tidur saat berada di KRL, eh kalau dapet duduk ya, huhu.

cara daftar magang kampus merdeka
Anak saya dipoto temannya
saat tidur di KRL

Berkantor magang di PT Aeon Indonesia, anak saya harus mengenakan seragam dengan atasan warna biru navy, bawahan warna hitam, hijab warna hitam, sepatu sneakers dan kaus kaki berwarna hitam. Dan juga harus mengenakan masker.

Penutup

Awal Juli 2024 anak saya tiba di Malang karena telah menyelesaikan magangnya. Tiket pesawat juga sudah dibelikan oleh perusahaan. 30 Juni 2024 merupakan akhir masa magangnya. Uang saku juga sudah ditransfer oleh perusahaan senilai di atas Rp 10 juta. Di kantor tersebut, anak saya juga memiliki teman-teman mahasiswa dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Jakarta, Banyuwangi dan kota-kota lainnya.

Saya sangat bangga anak saya bisa ikut Magang Kampus Merdeka karena ini menjadi nilai plus di CV-nya kelak karena sudah ada pengalaman bekerja. Anak saya sendiri menjalani tugas di bagian QC (Quality Control) juga dengan senang hati karena menjadi hal baru yang tidak ditemukannya selama belajar di kampus. Perusahaan juga telah menawarkan lowongan kerja sebagai MT (Management Trainee) dengan gaji 8 juta tetapi anak saya tidak tertarik. Katanya mau kerja di Malang ajah, ado dooo eeee, emak jadi bingung wkwkwk.

partner magang kampus merdeka
Ngetraining staff, salah satu tugas magang
di PT Aeon Indonesia
(anak saya jas putih)

Saya sebagai ibu hanya bisa berdoa dan mendukungnya. Semester depan anak saya akan skripsi di semester 7 kemudian wisuda dan bekerja. Bismillah semua dapat dicapai dengan mudah dan menyenangkan. Aamiin YRA.