Tips Liburan Menggunakan Mobil Bersama Keluarga, Yuk Cek – Persiapan apa saja yang harus dilakukan jelang liburan naik mobil agar tetap aman dan nyaman. Baik itu perjalanan untuk mudik atau liburan akhir tahun, persiapan secara detil dan seksana harus dilakukan terlebih dahulu. Simak tips persiapan liburan menggunakan mobil di bawah ini.

Periksa Kesehatan Mobil

Sebelum melakukan perjalanan panjang, Happy People harus melakukan pemeriksaan kesehatan mobil pribadi dengan membawa mobil ke bengkel untuk diservis terlebih dahulu. Diperiksa terlebih dahulu untuk oli mesin, oli rem, oli kopling dan tune up serta periksa ban juga lampu dan spare part lainnya. Pastikan semua dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan panjang. Air aki, air wiper, senter dan perkakas lainnya juga harus dipersiapkan.

Baca juga:

Kartu E-Money dan Tongkatnya

Dipastikan sudah mengisi saldo kartu e-toll dan tongkatnya yang fleksible ketika dipegang dan ditempel ke mesin. Jangan sampai ketika akan membayar ternyata saldo tidak cukup. Karena untuk satu kartu berlaku untuk satu mobil saja.

tips liburan naik mobil

sumber: dok. pribadi

Colokan USB, Gadget dan MIFI

Supaya tidak bosan dalam menempuh perjalanan panjang dalam berkendara, persiapkan gadget untuk anak-anak serta MIFI (mobile WIFI). MIFI sebelumnya diisi dengan quota secukupnya. Jangan lupa colokan USB dengan kabel-kabelnya yang dapat menjangkau sampai ke area kursi belakang mobil. Untuk beberapa tipe mobil juga sudah menyediakan colokan USB di area kursi belakang mobil.

Aplikasi GPS Di Handphone

Untuk rute perjalanan yang aman dalam berkendara, persiapkan terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasi GPS di handphone. Hindari jalur yang sekiranya macet. Dari aplikasi dapat dilihat jalur alternatif yang dapat diikuti untuk dilewati.

Musik dan Film

Jangan lupa untuk mengunduh terlebih dahulu musik dan film yang dapat dinikmati bersama selama perjalanan. Bisa disimpan ke flash USB atau blue tooth dari HP. Dengan mendengarkan musik tentu saja sang supir tak merasa cepat mengantuk. Tetapi kalau sudah merasa mengantuk sebaiknya istirahat terlebih dahulu supaya bugar kembali.

tips liburan menggunakan mobil

infografis: happydyah.com

Obat-obatan dan Vitamin

Membawa obat-obatan yang diperlukan seperti obat anti mabuk, minyak angin, dan obat pribadi dari masing-masing anggota keluarga. Vitamin dan suplemen jangan lupa dikonsumsi juga ya Happy People, agar selama liburan stamina tubuh tetap dijaga supaya fit dan liburan lebih asyik dinikmati.

Makanan dan Minuman

Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Seperti membawa camilan makanan ringan dan buah, air mineral serta bekal makanan yang cukup. Selain sehat juga hemat dan menikmati kebersamaan dengan anggota keluarga. Jangan lupa membawa permen yang biasanya dinikmati sang supir supaya tidak mengantuk.
Tidak ada salahnya juga membawa tumbler berisi kopi panas atau termos air panas untuk menyeduh minuman sachet seperti kopi, sereal dll. Alat makan otomatis juga dapat dibawa melengkapi seperti sendok lipat atau sendok plastik, gelas plastik dan pisau lipat untuk travel.

Hand Sanitizer, Masker dan TisuΒ 

Menyediakan hand sanitizer, masker, tisu basah dan tisu kering di dalam mobil juga penting lho. Bawa secukupnya dan dapat digunakan tisu basah sebelum makan untuk membersihkan tangan atau membersihkan sesuatu keadaan yang kotor. Tisu kering dan tisu basah juga dapat dibawa ke toilet untuk membersihkan diri setelah BAB maupun BAK.

tips liburan menggunakan mobil

sumber: shopee/chachimotz

Plastik Kresek

Plastik kresek dibawa di dalam mobil untuk tempat sampah juga dapat digunakan untuk jaga-jaga bila ada yang mabuk. Sehingga ketika keadaan mual sudah memegang plastik kresek untuk menampung muntahan. Ketika berhenti mampir untuk istirahat, jangan lupa plastik sampah dibuang dan disiapkan plastik kresek yang baru untuk tempat sampah berikutnya.

Uang Receh

Uang receh sangat diperlukan dalam berkendara. Ketika mampir ke toilet di SPBU biasanya masih ada yang menyediakan kotak untuk membayar pemakaian toilet. So disini penting sekali uang receh diperlukan. Kalau di rest area di dalam tol biasanya toilet tidak dikenakan biaya. Uang receh juga digunakan untuk membayar pak Ogah yang ditemui di jalan ketika mobil akan memutar balik ataupun membayar tukang parkir.

Kondisi Tubuh

Persiapan kondisi tubuh terutama sang supir juga harus diperhatikan. Sebelumnya sudah cukup istirahat dan badan dalam keadaan bugar juga sehat. Bila lelah, jangan ragu untuk langsung berhenti di rest area terdekat atau di halaman parkir toko mini market yang juga menyediakan toilet dan dapat istirahat dengan membeli minuman kopi dan cemilan.

Tikar, Bantal dan Selimut

Waduh, bawa tikar juga? Yap, tikar lipat dapat digunakan bila Happy People berhenti untuk beristirahat di suatu area yang jauh dari rest area. Biasanya kan ibu-ibu auto gelar makanan tuh, nah untuk amannya memang sebaiknya membawa tikar lipat yang buat travel.

Bantal dan selimut biasanya digunakan untuk kenyamanan selama tidur di dalam perjalanan. Bisa dibawa bantal kursi atau bantal leher. Selimut juga dapat dibawa yang tipis. Jangan bawa bantal tidur yang biasa digunakan atau selimut yang tebal, yang ada mobilnya nanti bisa terasa sesak πŸ˜‰

Demikian tips persiapan liburan menggunakan mobil bersama keluarga dari saya. Selamat menikmati liburan ya Happy People. Utamakan keselamatan dengan mengendarai kendaraan anda secara hati-hati. Kalau ada yang kurang tips dari saya, bisa bantu komen di kolom komentar di bawah ya Happy People πŸ™‚