Wisata Kampoeng Kedung di Batu, Wisata Alami Yang Kekinian – Siapa sih yang gak tau kota Batu? Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Malang pasti mampir ke Batu yang banyak destinasi wisatanya. Kota yang selalu memunculkan tempat wisata baru hampir setiap tahunnya. Kali ini ada yang baru nih, yaitu Wisata Kampoeng Kedung. Seperti apa sih, yuk kita simak.

Wisata Kampoeng Kedung Batu

sangat menarik bukan? (dok: pribadi)

 

Kota Batu yang merupakan tujuan wisata bagi kota-kota sekitarnya karena letak geografisnya yang berada di ketinggian rata-rata 700 meter DPL menyebabkan udara di daerah ini sejuk dan memiliki pemandangan yang indah.

Awal Mula Wisata Kampoeng Kedung

Salah satu wisata kekinian yang baru dibuka bulan Oktober 2018 berlokasi di Dusun Kedung, Desa Giripurno, Bumiaji, Kota Batu dengan jarak 4,5 kilo meter dari Alun Alun Kota Batu. Awal mula wisata ini berasal dari penggagasnya bernama Pak Agus Priono yang warga Giripurno mengajak warga agar memanfaatkan lahan dan pemandangan yang ada di Dusun Kedung sebagai tempat wisata alami. Dengan adanya wisata alami tersebut warga masyarakat dapat diberdayakan dan dilibatkan untuk turut serta dalam pengelolaan wisata. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi warga masyarakat setempat. Sehingga lebih sejahtera dan

Baca juga:

Wisata Outdoor Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Dengan memanfaatkan sebagian lahan bekas sawah yang diubah menjadi area wisata, wisata disini dapat digunakan untuk wisata edukasi bagi siswa mulai dari tingkat Taman Kanak Kanak, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, maupun masyarakat umum.

Memanfaatkan wisata alami dan outdoor yang dilakukan di Kampoeng Kedung seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata petik sayur, camping ground, outbound, tracking area, farm house, wisata petik buah.

wisata anak di batu

Wisata edukasiĀ  (dok: FB Wisata Kampoeng Kedung)

 

Dengan menggandeng Teo Outbound dari Kota Batu, banyak kegiatan yang dapat diadakan disini. Seperti wisata edukasi seperti petik sayur selada air, dimana wisatawan langsung terjun ke ladang dan berbaur dengan petani untuk memanen sayur. Ada juga petik buah seperti buah jambu kristal, jeruk atau stroberi. Menangkap ikan langsung ke kolam ikan, membuat suasana makin asyik untuk wisatawan menikmati liburan. Tak lupa memanen sayur dan ikan kemudian langsung dimasak, segar sekali ketika dinikmati.

wisata petik sayur batu

Petik sayur selada air di ladang memjadi bagian dari wisata edukasi (dok: pribadi)

 

Kondisi ketika kami berkunjung ke sini, cuaca sedang mendung dan diselingi gerimis hujan. Tapi tidak menyurutkan kami untuk turun ke ladang untuk petik sayur selada air. Setelah mencopotĀ  kaus kaki dan sepatu kami turun dan rendam kaki ke dalam sawah bersama dengan pak tani dan bu tani. Ah seru sekali siang itu. Tanaman sayur selada air ini dipanen setiap 40 hari, ungkap pak tani. Sumpah deh baru kali ini saya ikutan panen sayur sama pak dan bu tani. Rasanya gimanaa getu. Antara senang dan terharu. Eh ndeso banget ya saya haha

Wisata outdoor batu

Panen sayur selada air (dok: pribadi)

 

Cafe Kemping Indah Di Sore Hari

Wisata kekinian ini bila sore hari sangat indah karena suasana matahari terbenam yang dapat dinikmati di Cafe Camping. Beneran syahdu suasananya apalagi ditemani dengan orang tersayang, hmm. Wisatawan dapat memilih tempat untuk istirahat di omah damen, payung atau tenda. Dengan bunga matahari yang ditanam di seluruh area wisata menambah indah dan syahdu suasana sore hari.

Cafe camping Batu

Cafe Camping (dok: pribadi)

 

Suasana alami yang sejuk dengan pemandangan Gunung Panderman, Gunung Wukir dan udara sejuk sambil menikmati kerlap kerlip lampu yang bermunculan dari lampu rumah penduduk Kota Batu. Menambah dramatis suasana Cafe Camping malam hari.

wisata kekinian di Batu

Pemandangan gunung dan bunga matahari di Wisata Kampoeng Kedung (dok: pribadi)

 

Akses masuk hanya dapat dilewati 1 buah mobil dan area parkir mobil yang masih dalam proses pembangunan. Warung, toilet bersih sudah tersedia namun untuk mushola sedang diupayakan untuk pendiriannya. Semoga segera terwujud karena menjadi salah satu fasilitas penting yang harus ada karena untuk kenyamanan bersama.

Saya sudah ke salah satu wisata kekinian di Batu, kalian kapan juga berkunjung ke sana nih. Kalau kalian ke kota Batu, jangan lupa mampir kesini yah? Cerita ini dialami penulis bulan Januari 2019.

YouTube Channel Happy Dyah

Wisata Kampoeng Kedung Batu

Alamat: Jl Raya Giripurno, gg. Pesantren Dusun Kedung, Desa Giripurno, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65333
Instagram: @wisatakampoeng
Buka: 24 jam