Enjoy Bus Sleeper Double Decker Rosalia Indah Malang Bogor – Sebelumnya saya tidak menjual tiket bus Rosalia Indah ya. Saya hanya menulis artikel saja. Dikarenakan banyak yang WA dan menelfon untuk pesan tiket. Hehe

Masa pandemi COVID-19 seperti saat ini untuk bepergian ke luar kota harus berpikir lebih panjang. Yang paling aman tentunya menggunakan kendaraan pribadi. Bagaimana bila harus bepergian menggunakan transportasi umum seperti bus malam? Apakah harus menyertakan hasil rapid test?

bus sleeper double decker rosalia indah

Sleeper seat bus Rosalia Indah (sumber: dok. pribadi)

Info Harga Tiket Bus Rosalia Indah Sleeper Double Decker

Mencari info pemesanan tiket bus Rosalia Indah melalui browsing di mesin pencari. Saya yang bertempat tinggal di Kota Malang mendapat alamat pool bus Rosalia Indah di Jl. Hamid Rusdi No.15, RW.3, Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang. Saya menghubungi petugas di nomor telfon 0341. 346380 disarankan untuk pemesanan langsung datang kesana.

Sebetulnya ada websitenya sih di www.rosalia-indah.co.id dan dapat melakukan pemesanan langsung ke website dengan metode pembayaran yang dapat dipilih. Tetapi entah kenapa saya tidak disarankan melakukan itu. Menuruti saja saran petugas untuk datang langsung ke loket. Sekalian juga sih saya yang belum pernah ke sana jadi ingin tahu pool Rosalia yang di Malang.

Untuk info harga tiket bus sleeper Rosalia Indah dari Malang menuju Bogor dibanderol harga Rp510.000. Posisi di belakang slepeer dikenakan harga Rp425.000. Untuk harga seat bus double decker Rosalia Indah yang berada di lantai atas dibanderol Rp380.000.

Jenis sleeper hanya tersedia dua seat saja, posisinya di belakang supir, posisi sebelah kanan dan kiri mepet jendela, mosok mepet sawah, #eaa. Kemudian di belakang ada 6 seat posisi 2-1 (Super Top) yang harga tiketnya Rp425.000 dan selebihnya double decker dengan posisi seat 2-2 di atas.

Pemesanan tiket untuk keberangkatan tanggal 19 Agustus 2020 berhasil dilakukan di loket. Saya memilih sleeper seat nomer 1A. Setelah melakukan pembayaran, petugas mengatakan bahwa tidak mendapat selimut. Saya mencoba memaklumi dengan berpikir mungkin karena saat ini masih masa pandemi sehingga tidak disediakan selimut.

Oh ya, saya melakukan pengambilan foto-foto di pool bus Rosalia Indah Kota Malang dan saya upload ke Google Maps. Ternyata banyak yang lihat lho šŸ˜„

Apakah Butuh Dokumen Ketika Bepergian Menggunakan Bus Saat Ini?

Bepergian saat seperti ini menggunakan bus malam Rosalia Indah ternyata tidak membutuhkan dokumen. Baik dokumen surat keterangan sehat dari rumah sakit atau Puskesmas. Juga tidak butuh hasil Rapid Test mau pun hasil SWAB.

Rumor yang muncul pada saat Adaptasi Kebiasaan Baru saat ini, penumpang bus malam yang mau bepergian ke luar kota dapat pergi tanpa dokumen bila naik dan turun di pool bus bukan di terminal resmi. Tetapi kenyataannya tidak demikian, walau pun naik dan turun di terminal resmi, penumpang bus double decker Rosalia Indah tidak perlu menyiapkan dokumen. Hmm.. ada enaknya juga gak ribet urus dokumen. Hihihi

Baca juga:

Fasilitas Dan Perjalanan

Keberangkatan tanggal 19 Agustus 2020 penumpang bus sleeper Rosalia Indah berkumpul jam 11.30 WIB di pool bus Hamid Rusdi Kota Malang. Terlebih dahulu chek in di loket untuk menukarkan tiket yang kemarin dengan selembar kertas dan dua buah kupon makan. Saya sekilas melihat ada tulisan SDD 162 menandakan nomor lambung bus. Setelah chek in kemudian menunggu di kursi yang telah disediakan sampai dipanggil oleh petugas untuk masuk ke dalam bus. Jadwal bus Rosalia Indah untuk Malang – Bogor jam 12.00 WIB. Kala itu penumpang yang naik dari pool Hamid Rusdi tidak banyak.

~ Volvo B11R

Bus sleeper double decker Rosalia Indah yang saya tumpangi dengan merk Volvo B11R buatan terbaru karoseri Adiputro dari Malang seharga tiga milyar tipe SDD (Super Double Decker) atau tipe bus tingkat. Memiliki tinggi 4,130 meter dengan panjang 13,5 meter dan lebar 2,5 meter. Keren banget dan tipe SDD ini hanya dimiliki oleh bus Rosalia Indah saja.

Bus Sleeper Double Decker Rosalia Indah

Bus Rosalia Indah merk Volvo B11R (sumber: dok. pribadi)

Naik ke dalam bus saya disambut mas pramugara bus. Eh bener lho, bus Rosalia Indah first class sleeper double decker dengan tiga orang kru yang terdiri dua orang supir dan satu orang pramugara. Saya sih bilangnya pramugara karena masih muda dan ganteng, tipikal pramugara yang saya tahu selama ini di pesawat dan di kereta api. Kru semua berseragam rapi dan menggunakan masker, sang supir memakai dasi lho. Kalau pramugara memakai rompi yang bahan dan warna senada dengan celana. Jarang-jarang saya lihat yang kayak beginiĀ  di bus malam AKAP (Antar Kota Antar Propinsi). Keren deh Rosalia Indah. Oiya, sebelum bus berangkat, semua penumpang wajib ditembak jidatnya alias dilakukan pengukuran suhu dengan thermometer gunĀ karena semua tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

~ Fasilitas Di Bus Rosalia Indah Tipe SDD (Super Double Decker)

Bagasi bus double decker Rosalia Indah memanfaatkan ruang di atas roda belakang bus. Saya titipkan ransel di bagasi setelah diberi stiker label yang ditulis nama dan tujuan supaya tidak tertukar dengan penumpang lainnya. Kemudian saya menuju sleeper seat no 1A yaitu dengan posisi jendela ada di sebelah kiri. Duduk dengan sandaran kursi ditegakkan, kepala saya menyentuh atap langit-langit (baca: mentok). Karena memang nyaman di sleeper seat ketika sandaran diturunkan untuk tidur atau direbahkan sedikit. Untuk kaki otomatis bisa selonjoran dong, namanya juga sleeper seat. Sandaran kursi bisa dinaikturunkan dengan tombol-tombol yang berada dekat jendela.

Disediakan juga seat belt, personal LCD TV, lampu baca pribadi dan slot USB untuk ngecharge handphone. Ada korden di jendela, berarti ini sisi kiri saya dan korden di sisi kanan saya sebagai pembatas dengan “dunia luar” di dalam bus. Setiap penumpang diberi sebotol air mineral kemasan 600 ml merk Utra. Utra ini diakuisisi oleh Rosalia Indah untuk penyediaan air minum seluruh armada.

agen bus rosalia indah

beberapa fasilitas di bus Rosalia Indah (sumber: dok. pribadi)

Fasilitas di dalam bus sleeper double decker Rosalia Indah juga ada satu buah toilet yang terletak di bawah. Kemudian yang di belakang sleeper seat ada 6 seat (Super Top) yang ratenya Rp425.000 dengan posisi 2-1. Tiap kursi dilengkapi dengan seat belt, slot USB untuk handphone. Kursinya dapat direbahkan maksimal seperti sleeper seat. Ada tempat menyimpan sepatu dan sandal yang atasnya bisa untuk selonjoran kaki seluas 40 x 40 cm (leg rest). Juga terdapat dua buah televisi dan tempat sampah.

harga tiket rosalia indah

Super Top seat harga Rp.425.000 (sumber: dok. pribadi)

Untuk di kelas double decker lantai atas, jumlah kursi sebanyak 34 buah dan televisi ada satu buah berada di depan seperti umumnya bus biasa. Masing-masing kursi juga ada tempat menyimpan sepatu dan sandal yang bisa untuk sekalian leg rest, foot rest juga dan slot USB. Untuk yang duduk di hot seatĀ double decker alias duduk langsung paling depan ngadep jalan, ada personal LCD TV bisa untuk menyetel musik dan film. Jadi ada empat buah hot seat dilengkapi dengan masing-masing LCD TV. Karena posisi TV yang besar itu ada di belakang kursi hotĀ seat.

bus double decker rosalia indah

Double decker seat di bus Rosalia Indah (sumber: dok. pribadi)

Semua kursi bus Rosalia Indah tipe SDD (Super Double Decker) ini empuk pake banget dengan bagian kepala itu agak melengkung, jadi kalau mau tidur miring ke kanan ke kiri enak tuh karena bisa ada sandaran, gak bakal jatuh-jatuh tuh kepala ke bahu penumpang sebelah hehe. Kalo sebelahnya bule Turki ganteng sholeh tajir ya gak papa, malah sengaja banget ngiler di pundaknya haaa. Woii.. Mengkhayal, banguun.

Pelapis kursinya terbuat dari kulit terbaik dengan jahitan rapi. Bus Rosalia Indah juga dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan palu pemecah kaca bila dalam keadaan darurat. Lantai atas dengan lantai berlapis kayu seperti parket, mewah banget, kan.

Untuk slot USB selain ada di sandaran kursi belakang juga ada di penumpu tangan serta dekat lampu di atas/lubang AC. Colokan biasa juga ada di kabin atas. Untuk colokan judulnya aman deh karena banyak ditemui. Pokoknya enjoy daah.

Jam 12 teng bus berangkat menuju ke Terminal Bus ArjosariĀ  untuk menjemput penumpang yang berangkat dari sana. Di Terminal Arjosari Kota Malang penumpang banyak yang naik dan bus kembali berangkat tepat jam 13. Langsung memasuki pintu tol Pandaan Gempol menuju tol Trans Jawa.

~ Jadwal Makan Bus Rosalia Indah

Bus berjalan dengan tenang menembus mulusnya jalan tol Trans Jawa. Saya menikmati sejuknya suhu di dalam bus sambil melihat pemandangan yang ada di luar jendela atau melihat televisi yang ada di depan. Rasa kantuk pun mulai menyerang dan mata saya akhirnya terpejam lanjut tertidur pulas berselimut sarung yang saya bawa dari rumah. Duileh, keren-keren di bus sleeper first class double decker tapi selimutan pake sarung. Anggep aja Suku Tengger yang selalu bawa sarung untuk melindungi tubuhnya dari hawa dingin, #uhuk.

Menjelang Maghrib, bus mulai berjalan perlahan. Ternyata bus memasuki pool pusat Rosalia Indah di Palur yang berada di Kab Karanganyar. Penumpang bus semua turun langsung memasuki area makan dengan tak lupa membawa kupon makan. Seperti biasa di pintu masuk sudah disediakan hand sanitizer mengikuti protokol kesehatan. Saya yang tadi siang ditanya mas pramugara ketika di bus, mau makan apa dengan tiga pilihan menu yaitu: ayam geprek, nasi goreng dan bakmi Jawa. Sehingga ketika saya duduk di ruang makan First Class khusus untuk sleeper seat, menu ayam geprek saya sudah siap. Di ruang makan First Class ini memang tidak banyak kursinya dan beberapa kursi makan diberi tanda silang sebagai pemberi jarak untuk penumpang bus.

jadwal bus rosalia indah

RM Rosin di Pool Bus Rosalia Indah Palur (sumber: dok. pribadi)

Kalau penumpang lain selain sleeper seat, makannya dengan cara prasmanan mengantri. Dengan menu yang sudah disediakan dan tinggal ambil di piring. Selama sejam kami beristirahat dan bus double decker Rosalia Indah melanjutkan perjalanan lagi menembus gelapnya malam di jalan tol yang sesekali ditemani bus-bus malam dari armada lain.

Sekitar jam 23.30 WIB bus sleeper Rosalia Indah memasuki Subang dan kami beristirahat lagi. Kali ini di Rumah Makan Rosin ada snack untuk penumpang bus. Dua buah snack basah yaitu kue pisang/nogosari dan pisang goreng serta teh/kopi hangat. Lumayan minum teh/kopi hangat untuk menghangatkan badan yang terasa dingin selama berada di dalam bus. Kalau di bus Rosalia Indah, tempat makannya sendiri yaitu khusus di RM Rosin, maksudnya gini nih, armada bus Rosalia Indah memiliki rumah makan sendiri, yaitu RM Rosin. Layanannya juga istimewa, selalu ada tegur sapa dan senyum dari petugas yang melayani.

bus rosalia indah super executive

Perhentian kedua di RM Rosin Subang (sumber: dok. pribadi)

Kalau yang dulu saya pernah naik bus malam merk lain, semua armada bus berhenti di suatu rumah makan besar. Dan penumpang masing-masing bus dikelompokkan tempat duduknya. Misal penumpang bus A duduknya dikelompokkan di sebelah sana dan di situ sudah disediakan prasmanan untuk penumpang khusus bus A. Begitu seterusnya untuk penumpang bus yang lain. Makannya berkelompok- kelompok sesuai dengan busnya.

Baca juga:

Perjalanan berlanjut lagi setelah bus sleeper Rosalia Indah berhenti selama satu jam untuk menuju Bogor. Saya dengan nikmatnya merebahkan diri di sleeper seat yang nyaman sampai tertidur nyenyak dengan dengkuran yang merdu. Bus tiba di pool bus Rosalia Indah yang di Tajur Bogor sekitar jam tiga pagi. Tak terasa perjalanan nyaman sekitar 14 jam telah saya tempuh menggunakan bus sleeper double decker Rosalia Indah Malang – Bogor. Demikian pengalaman saya menumpang bus Rosalia Indah. Kalian yang sudah pernah naik bus Rosalia Indah, bisa komen di kolom komentar di bawah yah.