Tak terasa, sudah awal bulan Desember aja, nih. Catatan 2023 yang saya jalani, ada ombak yang tenang, kadang ombaknya bergulung tinggi tetapi semua tetap harus disyukuri karena saya dan keluarga selalu dalam lindunganNya. Aamiin YRA.

Perjalanan tahun 2023 saya rangkum di bawah ini, mengingatkan untuk saya agar tetap bersyukur, bersabar, terus belajar dan lebih banyak berbagi.

Januari, Catatan 2023

Tahun baru tentunya dengan semangat baru. Saya mulai konseling dengan seorang psikolog di Malang bernama Ibu Abyz Wigata. Beliau konselor untuk keluarga juga. Saya mendatangi beliau untuk konsultasi dan melakukan terapi untuk menghilangkan trauma yang pernah saya alami. Yang belum tahu, saya mengalami pernikahan dua kali dan perceraian dua kali.

Konseling yang dilakukan satu minggu sekali setiap hari Jumat jam 11 di kantornya Ibu Abyz masih di Kota Malang.

Bulan Januari itu saya yang tadinya belajar internet marketing di Mas Ifan, kemudian dialihkan ke Skipperwebs masih di kota yang sama. Ceritanya saya mau belajar sales untuk blog-blog yang saya miliki.

Februari

Saya mulai memberanikan diri lagi untuk membuka mini beauty class di cafe/kedai. Karena tahun 2022 saya hanya sekali mengadakan di bulan Januari dan itu dengan sponsor.

Bulan Februari itu saya mengadakan beuaty class dan saya buka untuk 5-6 orang peserta karena saya tidak menggandeng sponsor. Dengan keterbatasan alat dan kosmetik yang saya miliki, saya memberi beauty class sendiri dan rencananya setiap bulan saya adakan.

Maret

Saya belajar sales internet marketing di Skipperwebs tidak saya teruskan. Karena banyak pekerjaan yang sudah saya handle, yaitu ngeblog, make up dan sales. Jadi saya harus memilih dan lebih fokus ke ngeblog dan make up saja.

Pembangunan rumah saya sejak Juli 2022 mulai hampir rampung. Di bulan puasa itu tepatnya tanggal 30 Maret saya membuat nasi kotak dan saya bagikan ke tetangga-tetangga baru saya sebagai syukuran dan perkenalan. Saya buat nasi kotak di rumah kontrakan di Joyo Agung dan ternyata hujan dalam perjalanan naik motor ke rumah baru bersama anak saya.

April

Bulan April ini bulan terberat, eciyeee…

Tanggal 7 April 2023 hari Jumat, truk yang saya pesan sudah datang. Masih di bulan puasa, saya memutuskan boyongan barang-barang ke rumah baru. Dibantu Mas Tri dan keluarga kemudian Akbar, Nathan dan Elsa teman anak saya.

Hari itu matahari sangat panas seluruh Indonesia. Hari itu yang berpuasa gugur semua saat Dhuhur. Masya Allah cuacanya panas sekali matahari bersinar dengan terik. Ketika truk kembali lagi ke rumah kontrakan untuk mengambil barang-barang terutama 60 dus, supir truk sampe tidur siang dulu di truknya, dan saya bikin mie.

Masih bisa bikin mie karena memang kasur, kompor dan beberapa barang penting masih kita tinggal di rumah kontrakan bersama Kucing bernama Nowy dan Memet, Encus di anak ayam dan Rubin si kura-kura. Rumah baru memang belum selesai total karena ada pipa yang bocor. Sambil diperbaiki jadi kami masih menempati rumah kontrakan.

Tanggal 8 April saya masih support make up di acaranya Mas Apry fotografer Malang di Galeri Batik Soendari.

Tanggal 15 April akhirnya saya boyongan yang terakhir kalinya menggunakan pick upnya Papanya Lintang teman anak saya. Rumah kontrakan Joyo Agung yang kami tempati selama 2 tahun 4 bulan harus kami tinggalkan. Sebetulnya masih ada waktu sisa 2 bulan tetapi hangus. Ya.. saya mengontrak rumah Joyo Agung per 6 bulan dengan harga 8 juta. Sengaja per 6 bulan karena khawatir sewaktu-waktu pindah dan kejadian kami pindah masih sisa 2 bulan. Hmm.. Rumah kenangan untuk saya dan anak saya. Setelah bercerai saya mencari rumah kontrakan yang nyaman untuk anak saya. Alhamdulillah anak saya betah di rumah itu tetapi sayang sekali, pemilik rumah tidak berkenan untuk menjual rumahnya.

Boyongan terakhir tanggal 15 April itu kami hanya menyimpan barang-barang dan motor dengan aman yang kemudian dalam waktu semalam hanya kami tunggui alias kami hanya tidur semalam kemudian keesokannya tanggal 16 April saya dan anak mudik ke Jakarta. Happy People pasti membayangkan kayak apa badan saya nih, remek!! Rumah masih berantakan, tiga kamar tidur malah gak bisa ditiduri semua, saya tidur di ruang tamu dengan kasur yang saya hamparkan seadanya. Malam itu saya tidur dengan olesan Hot Cream di seluruh tubuh. Anak saya sangat perhatian, sore harinya dia membelikan saya Hot Cream.

Tanggal 17 April kami tiba di Jakarta dan anak saya keesokan harinya saya antar ke rumah mantan mertua. Di sana ayahnya anak saya masih tinggal dengan orang tuanya. Dan tidak ada dalam skenario, tanggal 19 April saya memperkarakan mantan suami dan istrinya ke Polres Metro Jakarta Barat. Kalau macem-macem dengan anak gw, lo kudu berhadapan dengan gw emaknya.

Bukan mental saya saja yang drop kala itu, tetapi apa yang telah terjadi pada anak saya berakibat panjang hingga saat ini. Anak saya masih dalam konseling dengan psikolog, dan pisikolognya sama dengan psikolog saya yaitu Ibu Abyz. Menghilangkan trauma itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan apa pun yang telah terjadi, kami tetap bersyukur. Karena di luar sana ada yang lebih parah lagi hidupnya dari pada kami.

Mei

Saya duluan kembali ke Malangdan Alhamdulillah, di rumah baru sudah mulai diramaikan dengan ada yang kursus make up. Rasanya senang sekali. Karena sempat terpikir, duh rumah saya agak di pinggir Kota Malang, membuat orang untuk datang lebih jauh. Tetapi ternyata ya banyak yang mau belajar make up dengan saya, Make Up by DYAH.

Sedikit-sedikit saya membereskan barang-barang pindahan hingga pasang AC untuk kamar. Alhamdulillah.

Juni

Anak saya mulai persiapan KKN atau MMD di Ngantang. Ada 1000 desa yang akan dikunjungi oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. Saya juga ikutan rempong mempersiapkan segala perlengkapannya.

Juli

Awal Juli saya mengantar anak saya ke kampus dan melepasnya untuk pergi MMD selama satu bulan. Kami yang berdua tinggal di Malang tentu saja membuat saya jadi sendirian di rumah. Eh sama kucing Nowy sih. Di bulan Juli yang sangat dingin saya harus dua kali ke dokter hewan membawa Nowy karena kena jamur, huhu.

catatan 2023
Nowy kena jamur dan dicukur oleh vet

Saya akhirnya menyusul anak saya ke Ngantang, alesan aja sih ambil STNK motor yang terbawa olehnya. Padahal sih kangen hehe. Alhamdulillah anak saya sehat-sehat saja.

Agustus

Saya memperpanjang STNK 2 buah motor dan memperpanjang SIM A dan SIM C milik saya semua. Alhamdulillah ya, selalu ada rejeki untuk Ibu Cantik ini.

Di bulan Agustus ini anak saya sudah kembali dari MMD dan karena masih libur kuliah, kami pergi kemping ke Ledok Ombo. Yang pasti sih saat itu sangat dingin karena suhu bisa mencapai 19⁰ Celcius. Tapi seru!

Sehari setelah ulang tahun saya di jelang akhir bulan, papa saya dari Jakarta datang ke Malang.

September

Anak saya mulai fisioterapi ke RSUB setelah sebelumnya dirujuk dari faskes dan dokter syaraf. Apa pun yang terjadi tetap kami syukuri dengan bersabar tentunya. Di poli rehabilitasi medik, anak saya jadi terkenal di kalangan pegawai di poli tersebut. Tau aja kan, rata-rata pasien poli itu kan kakek dan nenek dengan kasus yang hampir bersamaan seperti stroke atau syaraf kejepit. Sedangkan anak saya ya beda dong, cantik, muda dan dengan kasus berbeda. Alhamdulilah aja yaa.

Oh iya, anak saya ulang tahun di bulan September itu. Saya membuat surprise. LUcu ini sih ceritanya. Saya bilang ke anak saya kalau habis maghrib ajak papa saya ke kedai ramen favorit kami. Dan dia setuju.
Tetapi dia melihat saya dari siang mengeluarkan piring-piring, memasak nasi Mandhi dengan porsi banyak yang bikin dia curiga. Saya hanya mengatakan mau bagi-bagi ke tetangga pake piring aja. Nasi mandhinya dianter pake piring-piring gak usah pake box.

Habis Maghrib anak saya mendapat video call dari sepupunya di Jakarta dan dia sibuk berVC ria di kamarnya di lantai atas. Sedangkan saya dan teman-teman kuliahnya yang ada 5 orang berkoordinasi. Jadi beberapa hari sebelumnya saya ketemu Elda dan Nathan di kampus setelah saya mengantar anak. Saya utarakan keinginan saya untuk buat surpeise di rumah dan mereka setuju.

Dan malam itu saat anak saya masih berVC, teman-temannya datang. Mereka di luar pagar sibuk menyalakan lilin di kue-kue unyil yang mereka bawa. Kemudian saya memanggil anak saya kalau Nowy kucing kami keluar dan saya minta dia untuk mencari. Ketika anak saya turun kemudian buka pintu teras dan horeeee, teman-temannya langsung bernyanyi happy birthday sedangkan saya merekam momen itu.

Anak saya sih cuman komen, “Aku sudah curiga Ibuku masak banyak banget dan mengeluarkan piring-piring banyak” Kami hanya tertawa ngakak.

Oktober

Bulan Oktober ini saya yang sering bolak balik ke PUSKESMAS dan RS. Awalnya saya ikut pemeriksaan Tes IVA gratis (pemeriksaan kanker serviks) di PUSKESMAS Kedung Kandang Kota Malang. Ini sih drama ya, jadi saat itu saya dinyatakan gagal Tes IVA karena alat tidak berhasil masuk, wkwk. Ngakak keras yaaa.

Kemudian saya ke RS Panti Nirmala untuk pemeriksaan benjolan yang ada di payudara saya. Tapi tidak saya lanjutkan pemeriksaannya karena saya masih repot wira wiri antar anak ke kampus dan RS. Menurut saya sih tidak membahayakan.

Di bulan ini saya juga terkena ambein dan bleeding hingga 5 hari. Sepertinya puncak kelelahan saya terjadi di bulan Oktober itu. Maklum ya, semua saya kerjakan sendiri. Kena ambein sih dari analisa saya karena memindahkan 30 dus seorang diri kemudian mendorong motor mogok masuk ke carport yang menanjak itu berat banget kan. Jebol deh ambein saya, ya Allah. Tapi saya ketawa sendiri sih ini sambil mengingat semua yang telah terjadi.

Baca juga: Penyakit Ambein, Disebabkan Dari Kebiasaan Buruk Saya

November

Papa saya kembali ke Jakarta di pertengahan bulan November.

Perang di Palestina membuat saya sedih tetapi tidak dapat berbuat banyak. Di bulan November itu saya hanya mampu berdonasi 5 juta lewat Lazismu. Saya memberi tahu ini bukan riya ya. Semoga menjadi inspirasi untuk Happy People membantu sesama di Palestina sana. Banyak sih orang-orang di akun media sosialnya share video perang sampe kebanned akunnya, mbok ya galang dana bersama followernya kan lebih baik.

catatan 2023
Bersama mba Jihan

Desember

Bulan ini ada workshop Meuthia Rizki yaitu Alpha Life Transformation di Surabaya tanggal 9-10 Desember. Saya memutuskan ikut dengan biaya Rp 4,450,000,- Ceritanya di artikel berikutnya ya. Besok saya ke Surabaya nih, Happy People.

Baca juga: Cerita Ikut Workshop ALT & FA dengan Meuthia Rizki

Oke Happy People, apa pun yang telah terjadi, kita hanya bisa jalani dan ikuti saja alurnya. Tetap bertakwa dan beriman juga tentunya harus bersabar dan selalu bersyukur. Selalu diambil hikmahnya dari semua peristiwa yang telah terjadi. Catatan 2023 saya memang unik, tidak semua orang mengalaminya. Dan beginilah saya😁