Bus Double Decker Rosalia Jakarta Malang, Asyik Lho – Pertengahan November 2021 lalu, setelah berada di Jakarta hanya tiga malam, saya kembali ke rumah kontrakan di Kota Malang. Bagaimana ceritanya, kita simak yuk Happy People.

Harga Tiket Rosalia Indah Bus Double Decker

Saya memilih naik bus double decker Rosalia Indah dengan naik dari Terminal Bus Pulo Gebang. Pembelian tiket melalui website yaitu di www.rosalia-indah.co.id. Cukup mudah membeli tiket di websitenya, hanya dengan login kemudian isi data penumpang yang akan berangkat seperti tanggal, jumlah penumpang, tempat pemberangkatan, kota tujuan, jenis kelas armada yang dipilih apakah itu kelas super top double decker, super top SHD, super executive, executive plus dan kelas lainnya.

Kali itu saya memesan untuk satu buah tiket dengan keberangkatan dari Terminal Bus Pulo Gebang Jakarta menuju Kota Malang pemberhentian di pool bus Hamid Rusdi. Saya memilih seat double decker, saat itu keberangkatan jam 12 siang dan tiba di Kota Malang jam 2 pagi.

bus double decker

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank dan pada hari keberangkatan tinggal konfirmasi ke loket. Kali itu harga tiket bus doble decker Rosalia Indah Jakarta-Malang Rp 380,000. Saya memilih kursi double decker no 2A dan ternyata menurut saya lebih enak duduk dekat tangga turun karena tidak perlu berlama antri kalau mau turun saat bus berhenti untuk makan dan istirahat.

Oiya.. Karena saya beberapa kali menulis tentang transportasi bis malam, saya sering ditelfon atau diWA oleh calon penumpang. Biasanya mereka setelah membaca artikel saya kemudian ngeklik lambang WA yang ada di blog saya ini. Padahal saya tuh nulis artikelnya doang. Dan ada yang ngotot katanya nomor saya adalah nomor untuk order tiket. Ya ampuun🙄

tiket bis rosalia indah

Salah satu calon penumpang yang chat ke saya untuk order tiket bis 😋

Syarat Naik Bus Rosalia Indah Saat PPKM

Tidak ada syarat naik bus Rosalia Indah saat PPKM ketika saya berangkat ke Jakarta dari  agen pool Malang. Di loket tertempel kertas bertuliskan yang menyatakan penumpang sudah divaksin dosis pertama ataupun vaksin kedua.

Tidak demikian halnya ketika saya berangkat dari Jakarta menuju Malang dari Terminal Bus Pulo Gebang. Saya ditanya oleh petugas untuk dokumen antigen dan saya terkejut. Karena memang saya tidak memilikinya dan setahu saya tidak membutuhkan dokumen tersebut.

Kemudian petugas meminta uang Rp 10,000 untuk dokumen kalau saya sudah melakukan tes antigen. Saya berpikiran mungkin karena saya berangkat dari terminal resmi jadi harus melengkapi dokumen tes anti gen. Tetapi kalau berangkat dari pool tidak dibutuhkan dokumen tersebut.

Dan akibat karena saya tidak memiliki dokumen tes antigen yang hanya diganti Rp 10,000, maka bis tidak parkir di atas tetapi menjemput saya di dekat jalur busway yang saat itu memang hanya penumpang satu-satunya yang berangkat dari Terminal Pulo Gebang. Kebayang dong itu jalan kakinya jauh sekali huft.

Jadi begitu ya Happy People, kalau berangkat dari terminal resmi harus melengkapi dokumen, kalau tidak ada ya dijemputnya jauh di bawah, sedangkan kalau ada dokumennya dijemput di atas, tempat biasa bis parkir.

Trus uang Rp 10,000 buat apa dong? Mungkin tips untuk petugas yang sudah mengantar saya ke jalur busway di mana bis Rosalia Indah menunggu saya #eaa

Fasilitas yang Didapat Selama Perjalanan

Ketika saya masuk ke dalam bus dan naik ke atas, di kursi sudah disediakan sebuah bantal kecil berwarna orens Kemudian petugas alias pramugara ganteng muda memberi sebuah botol air mineral.

Pramugara yang mengenakan celana bahan kain berwarna coklat dengan rompi warna senada berikut kemeja lengan panjang berwarna kuning gading. Sedangkan supir mengenakan jas dan dasi. Keren kan tuh.

Tak heran PO Rosalia Indah mendapat pernghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) tahun 2021 sebagai perusahaan otobus AKAP (antar kota antar provinsi) yang memiliki armada double decker terbanyak, dengan pelayanan pramugara pramugari. Tambah mantap euy.

bus double decker rosalia indah

nge-poto dari jauh mas pramugara bus Rosalia Indah di Rest Area Subang RM ROSIN😁

Di atas kursi terdapat lampu dan lubang pendingin udara sayangnya tidak ada port USB. Selain kursi no 1 dan 2 itu di atasnya ada port USB dan di sandaran tangan. Jadi hari itu saya selama dalam perjalanan tidak dapat menge-charge handphone kecuali pinjem port USB di sandaran tangan penumpang sebelah saya.

Penumpang juga diberi selembar selimut. Berbeda saat pandemi ketika masyarakat belum mendapat vaksin. Saya mengalami naik bus Rosalia pada bulan Oktober 2020, saya tidak mendapat bantal dan selimut. Masih agak ketat untuk menjaga protokol kesehatan berbeda dengan keadaan sekarang yang lebih longgar.

Baca juga: Enjoy Bus Sleeper Double Decker Rosalia Indah Malang Bogor

Tempat sampah disediakan juga oleh petugas di bagian depan dan di bagian belakang. Tempat duduk full sampai ke belakang, tidak disediakan ruang untuk penumpang yang merokok. Di bagian paling belakang terdapat ruang tidur kecil untuk bapak supir.

Tempat duduk di lantai atau seat double decker cukup nyaman menurut saya. Dengan jok kursi yang lumayan tebal dan cukup luas. Ada dudukan kaki dari jok yang di bawahnya bisa dibuka untuk tempat penyimpanan alas kaki penumpang.

Saya tuh orangnya aneh kali yaa, biasa duduk di mobil menggunakan seat belt. Ketika naik bus gak pake seat belt rasanya gimana getu hahaha. Tetapi bus melaju dengan tenang di sepanjang jalan tol membuat saya terayun-ayun dan jatuh tertidur dengan lelapnya. Kebayanglah penumpang mendengar dengkuran saya yang merdu #eaa.

Toilet berada di bawah tepatnya depan pintu masuk. Selama beberapa kali menggunakan bus malam Rosalia Indah saya tidak pernah menggunakan fasilitas toilet.

Baca juga:

Pengalaman Naik Malang Indah Travel, Malang – Bali

Sewa Hiace di Malang, Percayakan ke Erctrans, Dijamin Puas

Pengalaman Naik Bus Lorena Double Decker, Jakarta Malang

Rumah Makan ROSIN

Kenapa saya suka banget naik bus Rosalia Indah? Bukan saja karena ada seat double decker tetapi perusahaan bus ini juga memiliki rumah makan sendiri yaitu RM ROSIN. Kan jadi enak tuh, biasanya kalau naik bus malam pas jam makan berhenti di sebuah restoran dan bercampur dengan penumpang bus-bus malam lainnya. Kadang suka salah gabung masuk jalur pas mau antri makanan #duh.

Rest Area Subang RM ROSIN

Jadi tuh, yang parkir di RM ROSIN semuanya ya bus-bus Rosalia Indah dong. Dari Jakarta tentunya saya berhenti terlebih dahulu di Rest Area Subang RM ROSIN yang berlokasi Jl. Otto Iskandardinata, Cisaga, Kec. Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285.

Senang sekali ketika bisa sampai di RM ROSIN Subang ini. Tempatnya luas, rapi dan nyaman juga bersih. Sayangnya sore itu ketika bus tiba sekitar jam 4 sore Subang sedang diguyur hujan. Suasana mendung dan syahdu #eaa.

RM ROSIN Rest Area Subang

Ketika masuk semua penumpang dicek suhu dulu kemudian menukar kupon makanan. Penumpang bus double decker Rosalia Indah sudah disediakan meja prasmanan berisikan lauk dua macam dan sayur soto panas. Untuk minum saya memilih segelas teh hangat.

Rest Area Subang RM ROSIN

Toilet dan mushala juga luas dan bersih tentunya. Siapkan uang Rp 2,000 setelah menggunakan toilet. Selain itu ada stand-stand makanan yang bisa penumpang beli bila bosan dengan menu penukaran kupon. Terdapat juga mini market dan booth untuk berfoto dengan latar belakang bertuliskan Rosalia Indah.

The bestlah pokoknya RM ROSIN Rest Area Subang ini.

RM ROSIN Palur

RM ROSIN Palur berada di Jl. Solo – Sragen No.7,5, Gerdu, Ngringo, Kec. Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57731. Rumah makan yang sekalian juga kantor pusat bus Rosalia Indah.

RM ROSIN Palur ini memang tidak seluas yang di Rest Area Subang. Ketika mau duduk untuk menikmati makan harus mengantri sebentar bergantian dengan yang sudah selesai makan. Saya pernah makan satu meja dengan pejabat Rosalia Indah yang sedang meeting hihi. Kala itu ketika naik bis dari Malang ke Jakarta yang setiba di Palur masih sore.

Sedangkan perjalanan dari Jakarta ke Malang, bus Rosalia Indah masuk ke Palur sekitar jam 11 malam. Suasana kala itu tidak terlalu ramai, seperti biasa penumpang masuk ke ruang makan untuk diukur suhu terlebih dahulu dan melakukan penukaran kupon.

RM ROSIN Palur

Penumpang bisa cuci tangan kemudian ke meja prasmanan yang sudah disediakan yang saat itu menyediakan menu snack dua macam. Segelas teh hangat cukup menghangatkan tubuh saya yang merasa kedinginan di dalam bus.

Fasilitas RM Rosin di Palur kurang lebih hampir sama dengan yang ada di Rest Area Subang. Ada mini market, mushala, toilet, ruang tunggu dengan colokan hp, restoran Padang juga ada bila penumpang ingin makan tanpa menggunakan penukaran kupon.

Semua petugas baik di Rest Area Subang mau pun di Palur menggunakan seragam dan ramah, sangat profesional pelayanan dari Bus Rosalia Indah. Kita sebagai penumpang juga nyaman.

Naik bus double decker Rosalia Indah dari Jakarta ke Malang, asyik lho. Yang penasaran ingin traveling dengan bus Rosalia Indah, bisa langsung pesan tiket di website atau datang ke pool busnya langsung. Dan nikmati perjalanan yang nyaman. Ini bukan sponsor lho, hanya pengalaman pribadi yang saya bagikan untuk pembaca setia saya 😉