5 Tips Belanja Sehat di Grocery Store, Cek Di Sini Yuk – Salah satu keuntungan belanja di grocery store adalah kebebasan mengatur bahan makanan yang ingin Anda sajikan. Apalagi jika Anda sedang menerapkan gaya hidup sehat. Dibandingkan dengan membeli makanan jadi, belanja bahan makanan tentu saja lebih menyehatkan untuk diolah menjadi masakan yang lezat untuk keluarga tercinta.

Tapi, tahukah Anda kalau membeli bahan makanan ternyata tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips belanja sehat yang bisa Anda lakukan agar bahan makanan yang Anda beli memiliki kandungan nutrisi yang berimbang. Sehingga, Anda bisa menjalankan gaya hidup sehat dengan lebih optimal.

Tips Belanja Sehat Sesuai Kategori

Pada dasarnya, tidak ada makanan yang jahat atau baik. Jika Anda bisa mengatur asupan nutrisi dan gizi dengan seimbang, setiap makanan yang Anda konsumsi tentu saja akan bermanfaat. Nah, berikut ini ada beberapa tips belanja sehat yang bisa Anda terapkan berdasarkan dengan kategori:

1. Sayur dan Buah

Umumnya, bagian sayur dan merupakan bagian paling luas di sebagian besar grocery store. Hampir sebagian besar makanan konsumsi rumahan didominasi oleh sayuran. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menghabiskan sebagian besar waktu belanja Anda di bagian sayur dan buah.

tips belanja sehat

sumber: gambar Sarah Chai di pexels.com

 

Sebaiknya, pilih sayur dan buah dengan warna yang bervariasi. Setiap warna pada sayur dan buah menunjukkan kandungan vitamin dan nutrisi yang dimilikinya. Membeli sayur dan buah yang bervariasi berarti mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang beragam pula.

Baca juga: Pertanian Organik, Sumbangsih Maya Untuk Negeri

2. Protein Hewani

Daging, ayam, dan ikan sama pentingnya dengan sayur dan buah. Salah satu ikan yang cukup direkomendasikan adalah lele. Selain murah, lele juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Setidaknya, Anda perlu mengonsumsi ikan 2 kali dalam sepekan.

Jika Anda ingin membeli daging, potongan tenderloin atau top sirloin bisa jadi pilihan yang bijak. Anda juga bisa memilih ayam tanpa kulit untuk ditambahkan dalam daftar belanjaan. Pastikan untuk melakukan rotasi belanja secara ideal. Sehingga, Anda bisa mendapatkan manfaat protein hewani secara proporsional.

3. Susu dan Olahan Susu

Untuk melengkapi menu sehat Anda, jangan lupa untuk membeli susu atau olahan susu di grocery store. Susu dikenal sebagai sumber vitamin D dan kalsium yang baik. Ada banyak jenis susu yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari susu low fat hingga yogurt siap minum.

Baca juga: Indomilk Susu Bubuk, Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, Tanggap

Selain susu, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari olahan susu seperti keju. Jika Anda menyukai keju tinggi lemak, pastikan Anda hanya mengkonsumsinya dalam jumlah kecil saja.

4. Frozen Food

Frozen food tidak selalu buruk bagi kesehatan. Khususnya jika Anda membeli frozen food berisi sayuran atau buah beku. Dibandingkan dengan sayur dan buah segar, sayur dan buah frozen memiliki umur simpan yang jauh lebih panjang. Sehingga, jumlah makanan yang terbuang bisa berkurang banyak.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk membeli nugget atau frozen food siap masak lainnya saat belanja di grocery store. Frozen food seperti ini akan cukup membantu. Khususnya pada hari-hari sibuk atau padat kegiatan. Tetapi, pastikan Anda membelinya sesuai kebutuhan. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya membuat nugget home made dengan resep andalan Anda. Dan ini sangat mudah sekali resep dan cara membuatnya.

5. Makanan Kemasan

Makanan kemasan seperti makanan kaleng bisa jadi opsi stok makanan yang menyehatkan. Umumnya, makanan kaleng dapat bertahan hingga 2 tahun pada suhu ruang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan makanan kaleng untuk membuat menu makanan simple, enak, dan sehat. Biasanya makanan kaleng dibutuhkan ketika pada saat aktifitas padat tetapi ingin menyajikan masakan untuk keluarga.

Tidak ada salahnya juga untuk membeli makanan kemasan dengan berbagai variasi. Seperti buahan, kacang – kacangan, ikan, dan lain-lainnya. Jika memungkinkan, pilih makanan kemasan yang tidak mengandung tambahan garam. Seperti tuna dalam larutan air, minyak canola, olive oil, dan lain sebagainya.

Keuntungan Belanja di Grocery Store Online

Tips belanja sehat tersebut bisa Anda terapkan saat belanja di toko groceries offline maupun online. Saat ini, ada banyak orang yang lebih memilih belanja kebutuhan dapur secara online. Selain lebih praktis, toko groceries online juga memiliki produk yang lebih lengkap.

Baca juga: Pencairan BPUM BLT UMKM di Malang, Ini Pengalamanku

Salah satu grocery store online yang bisa Anda percaya adalah Sayurbox. Anda bisa menemukan berbagai produk sayur dan buah segar, protein, hingga makanan impor dan produk UMKM untuk mendukung gaya hidup sehat Anda dan keluarga. Berbagai kebutuhan tersebut bisa Anda temukan langsung di aplikasi Sayurbox atau melalui website https://www.sayurbox.com/. Selamat berbelanja!

grocery store

sumber: sayurbox.com