Tips Menjaga Kewarasan Ala Aku Sebagai Ibu Tunggal – Sebagai ibu tunggal beberapa bulan terakhir ini, otomatis sekarang aku berperan ganda. Sebagai ayah juga sebagai ibu untuk satu orang anak perempuanku yang berusia 19 tahun.

Tidak saja hanya memberi perlindungan secara psikologis untuk anakku, aku juga harus bekerja mencari materi dan juga harus menjaga kewarasanku agar aku bisa tetap menikmati hidup.

Maklum saja, menjadi janda saat ini masih menjadi stigma miring di masyarakat. Baik janda yang suaminya meninggal atau pun janda cerai hidup, tetap saja mendapat pandangan negatif. Padahal janda itu sudah mengemban beban berat dalam hidupnya. Berat menyembuhkan luka yang mereka rasakan, harus kuat di depan anak, berdiri sendiri dengan tugas ganda juga menghilangkan trauma yang dirasakan.

Kalau aku meladeni orang-orang tidak waras yang menyoroti kehidupanku sebagai janda, aku bisa ikutan tidak waras. Walau hidup di kota kecil saat ini, aku tahu kok kalau banyak orang pada kasak kusuk di belakang membicarakan tentangku. Ke warung kopi hanya ngebahas tentang diriku. Hmm, maklum artis hits 😁

Apa Saja Tips Menjaga Kewarasan Sebagai Ibu Tunggal?

1.  Mempercantik Diri

Nomor satu banget ya, aku menulis mempercantik diri ini sebagai tips menjaga kewarasanku. Emangnya nggak pernah mempercantik diri? Mempercantik diri disini dalam artian lebih memperhatikan merawat diri. Teman-teman dekatku mengakui aku sekarang lebih fresh walau pun aku jarang ke salon.

Dengan melakukan perawatan diri lebih intensif di salon mau pun hanya di rumah saja, bisa menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan tentunya bisa membuat tubuh lebih relaks dan lebih cantik kinclong.

2. Olah Raga

Tetap lakukan olah raga walau aku sibuk bagaimana pun. Sedang berada di kamar mandi ketika sabunan aku pun melakukan senam ringan seperti gerakan basic squat dan side lunges. Lumayan kan tuh, bisa mengencangkan bokong juga mengecilkan paha.

Kalau aku memiliki waktu, aku bisa melakukan olah raga di sekitar lingkungan tempat tinggalku di Taman Singhasari Merjosari Kota Malang atau pun yoga / senam ringan di rumah saja. Olah raga teratur merupakan tips menjaga kewarasan ala aku.

3. Menjaga Pola Makan Agar Sehat

Mengapa menjaga pola makan menjadi caraku untuk menjaga kewarasanku? Tentu saja, karena aku lebih banyak waktu memikirkan besok harus makan makanan dan minuman sehat apa untuk aku dan anakku.

Sebagai contoh misalnya, hari ini aku sudah membuat air rimpang untuk minuman sehatku, besok aku harus membuat minuman air rempah apa nih. Kemudian buahnya apa yang cocok dengan menu yang disajikan untuk besok? Hal remeh temeh seperti itu bisa cukup membuat pikiranku sibuk sendiri sehingga aku bisa mengabaikan pikiran negatif dan bisa menjaga kewarasanku agar tetap normal. Menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat tentu akan berpengaruh pada kesehatan jiwa dan raga.

4. Banyak Berdoa

Tips menjaga kewarasan ala aku lainnya adalah dengan banyak berdoa kepadaNya. Percaya bahwa semua ini adalah ketetapan dariNya. Kita sebagai makhluknya hanya menjalankan karena semua sudah tertulis di Lauhul Mahfuz. Yakin nanti akan ada saatnya yang akan membuatku dan anakku lebih bahagia.

Selalu berhusnudzon padaNya dan aku dipilih olehNya karena aku memang kuat untuk menghadapi semua ujian yang diberikan olehNya.

5. Main Game Online

Ada yang suka main game online? Aku termasuk yang suka main game online kalau aku sedang kena deadlock ketika sedang menulis artikel atau sedang kalut menghadapi masalah. Dan aku butuh refreshing sebentar untuk mengalihkan semua.

Banyak game atau permainan online yang bisa dimainkan tanpa perlu diunduh. Bisa dimainkan di semua gadget atau browser dan tidak perlu membuat akun untuk memainkannya. Dengan demikian bisa login kapan saja dan bisa langsung main game kapan saja juga dimana saja. Dan yang lebih penting game online ini gratis 😁

playsorg

games online Pac Rat di Plays.org

 

Aku lebih sering bermain game di plays.org. Beraneka games yang tersedia di sana. Game online Pac Rat adalah salah satu permainan online favoritku.

Pac Rat mengingatkanku pada Pac Man, salah satu game online jaman aku kecil. Jadi teringat sekitar tahun 1984-1985 papaku memiliki personal computer dan ada game Pac Man. Seru sekali saat itu bermain game online Pac Man bergantian dengan adik-adikku.

tips menjaga kewarasan

Sama halnya keseruan itu aku alami ketika bermain games online Pac Rat. Aku bisa teriak-teriak karena gemas melihat si tikus dikejar-kejar oleh tiga ekor kucing di dalam sebuah labirin. Bila si tikus tertangkap oleh si kucing, permainan diulangi lagi dari awal.

pac rat plays.org

Aku yang memegang peranan kemana si tikus harus berjalan pergi menghindari tiga ekor kucing dengan menggerakkan kursor ke atas, ke bawah, ke samping kanan atau kiri. Sambil berjalan si tikus akan memakan keju-keju di sepanjang jalan labirin. Bila tikus memakan potongan kue ajaib, maka akan terjadi hal kebalikan yaitu si tikus dapat mengejar kucing dan memakannya. Seru banget kan tuh.

Selain game online Pac Rat juga tersedia aneka permainan online gratis yang dapat dimainkan di plays.org. Ada Tetra Blocks, Colorush, Classic Solitaire, Frontlline, Mafia Billiards Tricks dan game online lainnya yang tidak perlu mengunduh aplikasi.

Dengan bermain game online di plays.org sebagai salah satu tips menjaga kewarasanku sebagai ibu tunggal dan hal ini penting sekali bagiku untuk menikmati kehidupanku selanjutnya. Setiap orang berbeda-beda dalam menempuh jalan agar tetap waras. Boleh komen di kolom komentar ya untuk versi kalian 😊